Saturday, November 3, 2018

KISAH NABI DZULKIFLI AS.

Menurut suatu riwayat, Nabi Dzulkifli memiliki nama asli Basyar dan dia adalah putra Nabi Ayyub dan Rahmah. Nabi Dzulkifli diutus kepada kaum Amoria di Damaskus. Nabi Dzulkifli tinggal di sebuah negara yang dipimpin oleh Raja yang arif dan bijaksana. Sang raja sudah semakin tua dan tak memiliki calon pengganti. Suatu hari, sang Raja  mengadakan sayembara dengan mengumpulkan rakyatnya dan berkata, "Siapakah dari kalian yang mampu terus bersabar. Tiap malam mendirikan sholat dan tiap siang berpuasa?"

Awalnya tak ada satu orang pun yang menyatakan kesanggupannya terhadap hal itu. Kemudian ada seorang pemuda bernama Basyar yang menyatakan bahwa dirinya sanggup melakukannya. Peristiwa inilah yang membuat Basyar disebut dengan nama Dzulkifli yang berarti sanggup. Kemudian Dzulkifli telah diangkat menjadi raja. Saat malam hari beliau beribadah kepada Allah SWT dan saat siang hari beliau berpuasa. Dzulkifli juga menjabat sebagai ketua hakim. Di waktu malam Dzulkifli hanya tidur dalam waktu singkat.

Surat Al-Anbiya’ ayat 85:

وَإِسۡمَٰعِيلَ وَإِدۡرِيسَ وَذَا ٱلۡكِفۡلِۖ كُلّٞ مِّنَ ٱلصَّٰبِرِينَ  ٨٥
85.  Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.

Surat Shaad ayat 48:

وَٱذۡكُرۡ إِسۡمَٰعِيلَ وَٱلۡيَسَعَ وَذَا ٱلۡكِفۡلِۖ وَكُلّٞ مِّنَ ٱلۡأَخۡيَارِ  ٤٨
48.  Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa' dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik.

Pada suatu malam ada seorang tamu yang mengunjungi tempat tinggal Dzulkifli. Sebenarnya tamu itu adalah setan yang menyamar sebagai manusia dan berniat mengganggu Dzulkifli. Setan ingin membuat Dzulkifli emosi.

"Ada apa Anda datang kemari di malam ini?", tanya Dzulkifli.

"Hamba seorang musafir, hamba telah dirampok dalam perjalanan," jawab setan yang menyamar.

"Silakan datang ke tempat pengadilan pada saat besok pagi atau petang hari," kata Dzulkifli.

Besoknya, orang misterius itu tidak datang di waktu pagi, padahal Dzulkifli telah menunggunya. Di saat hari sudah petang orang misterius itu juga tidak datang. Namun, saat Dzulkifli hendak tidur, setan itu datang lagi.

Dzulkifli bertanya, Mengapa saat waktu sidang Anda tidak datang?"

"Perampok itu ternyata cerdik. Di saat waktu sidang perampok itu mengembalikan barang saya. Tapi saat waktu sidang selesai barang saya dirampas lagi," jawab setan.

Pada suatu malam raja Dzulkifli hendak tidur. Dzulkifli memerintahkan para pengawalnya untuk menutup dan mengunci semua pintu. Dzulkifli hendak menuju tempat tidur. Pada saat itu Dzulkifli mendengar ada orang yang menuju ke tempatnya.

"Siapa yang masuk?" tanya Dzulkifli.

"Tidak ada seorangpun Tuan," jawab prajurit pengawal. Dzulkifli tetap yakin bahwa ada seseorang di lingkungab rumahnya. Lalu Dzulkifli mulai memeriksa. Ternyata memang ada seseorang di lingkungan rumahnya, padahal semua pintu telah terkunci rapat. Bagaimana caranya orang itu bisa masuk.

Dzulkifli berkata, "Sebenarnya kau adalah setan, bukan manusia!"

Setan itu mengaku, "Ya, aku adalah setan yang menguji kesabaranmu. Ternyata benar bahwa kau orang yang mampu menyanggupi pernyataan yang dulu."

Dzulkifli adalah orang yang sangat sabar, selalu menggunakan akal pikirannya dalam menghadapi masalah. Dzulkifli tidak pernah marah terhadap para tamu.

Pada suatu hari, terjadi pemberontakan di negerinya yang dilakukan oleh orang-orang yang sangat durhaka kepada Allah SWT. Raja Dzulkifli memerintahkan para prajurit dan rakyatnya untuk berperang melawan para pemberontak yang durhaka. Namun rakyatnya tidak berani berperang, mereka takut mati. Rakyatnya bersedia ikut perang jika raja Dzulkifli mau berdoa kepada Allah SWT agar mereka dapat hidup dan selamat hingga perang usai. Raja Dzulkifli tidak marah mengetahui maksud rakyatnya tersebut dan berdoa kepada Allah SWT. Allah SWT telah mengetahui permintaan rakyat raja Dzulkifli dan mengabulkan doa tersebut.

Rakyat akhirnya berani berperang melawan para pemberontak. Mereka memperoleh kemenangan dan tidak ada seorang pun yang mati di pihak mereka. Kondisi negara kembali kondusif.

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts