Monday, February 25, 2019

KISAH NABI MUHAMMAD SAW - Orang-orang Beriman Bukan dari Penduduk Mekkah saat Memperkenalkan Islam

Selain memperkenalkan Islam kepada tiap-tiap suku pada saat musim haji, Nabi Muhammad SAW juga memperkenalkan Islam kepada tiap individu. Sebagiannya mendapatkan tanggapan yang baik dan ada juga beberapa orang yang beriman setelah musim haji tersebut. Berikut ini adalah ringkasan mengenai diterimanya Islam oleh beberapa tokoh.

a.       Suwaid bin Shamit
Dia adalah seorang penyair yang cerdas dan penduduk Yatsrib (sebelum bernama Madinah).  Ia memperoleh gelar Al-Kamil (sempurna) dari masyarakatnya karena dari keturunan mulia, terkenal, ahli syair, dan berkedudukan tinggi. Dia datang ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. Rasulullah bertemu dengannya untuk berdakwah.
Suwaid berkata, “Apa yang kau bawa mungkin sama mulianya dengan yang kubawa ini”.
Rasulullah bertanya, “Apakah yang kau bawa itu?”.
“Hikmah Luqman”, jawab Suwaid.
Rasulullah berkata, “Coba perlihatkan”. Rasulullah melihatnya, “Kata-kata ini baik sekali, namun yang kubawa lebih baik dari itu, yaitu Al Qur’an yang diturunkan Allah kepadaku. Dia adalah hidayah dan cahaya”.
Lalu Rasulullah membacakan Al-Qur’an dan mengajaknya masuk Islam. Suwaid mengucapkan kalimat Syahadat dan berkata, “Sesungguhnya kata-kata ini baik sekali”.
Tidak lama setelah sampai di Madinah, Suwaid meninggal karena terbunuh dalam perang Buats (perang antara suku Aus dan Khazraj di Yatsrib).

b.      Iyas bin Mu’az
Dia adalah seorang remaja dan penduduk Yatsrib yang ikut dalam rombongan suku Aus. Mereka datang untuk membuat janji bersekutu dengan Quraisy untuk melawan suku Khazraj, sebelum peristiwa perang Buats yang terjadi pada awal tahun kesebelas kenabian. Saat Rasulullah mengetahui kedatangan mereka, beliau menemui mereka dan memperkenalkan Islam, seperti tersebut dalam suatu riwayat hadits,
“Maukah aku tunjukkan sesuatu yang lebih baik daripada tujuan kalian?”, kata Rasulullah.
Mereka berkata, “Apa tawaran itu?”.
Rasulullah menjawab, “Aku adalah utusan Allah. Mengajak mereka menyembah Allah tanpa menyekutukan-Nya dengan apapun, diwahyukan sebuah kitab kepadaku”, lalu beliau menjelaskan ajaran Islam dan membacakan Al-Qur’an.
Iyas berkata, “Wahai kaumku, tampaknya ini lebih baik dari tujuan kalian”.
Salah satu dari mereka, Abu Al-Haisar Anas bin Rafi’, melempar segenggam tanah ke wajah Iyas dan berkata, “Tinggalkan hal itu. Aku bersumpah, kita datang bukan untuk itu(mendengar dakwah Rasulullah).”
Iyas pun diam dan Rasulullah pergi dari situ. Sementara mereka pulang ke Yatsrib setelah gagal membuat perjanjian dengan Quraisy. Tak lama kemudian Iyas meninggal dunia. Diceritakan bahwa ketika Iyas di Yatsrib, dia selalu bertahlil, tahmid, tasbih, dan berzikir hingga akhir hayatnya. Maka tidak diragukan bahwa dia mati dalam keadaan Islam dan beriman.

c.       Abu Dzar Al-Ghifari
Dia adalah penduduk Yatsrib. Kabar tentang seorang Rasul bernama Muhammad dari Suwaid dan Iyas sampai ke telinga Abu Dzar. Maka dia menganut Islam. Menurut riwayat Al Bukhari dari Ibnu Abbas,  bahwa dia berasal dari Bani Ghaffar dan mengetahu adanya seorang Nabi di Mekkah. Dia menyuruh saudaranya untuk menemui Rasulullah untuk mengetahui kebenaran kabar tersebut. Saat saudaranya kembali, dia bercerita bahwa Rasulullah mengajak manusia berbuat kebaikan. Belum puas mendengarnya, Abu Dzar berangkat ke Mekkah. Dia belum mengenal Rasulullah dan juga tidak suka bertanya. Sampai di Mekkah, dia duduk di masjid. Ali bin Abi Thalib melihatnya dan berkata, “Tampaknya Anda sedang berdagang”.
Abu Dzar menjawab, “Memang benar”.
Maka Ali mengajak Abu Dzar untuk pergi ke rumahnya. Abu Dzar tidak bercerita tentang tujuannya yang sebenarnya dan tidak bertanya sesuatu kepada Ali, begitu juga Ali tak bertanya tentang dirinya.
Menjelang subuh, dia ke masjid untuk bertanya mengenai Rasulullah, namun tak ada orang di situ. Ali yang melihatnya berkata, “Belum menemui tempat yang dituju?”.
“Masih belum”, jawab Abu Dzar.
Ali berkata, “Mari ikut aku, apa urusanmu yang sebenarnya? Apa yang menyebabkan Anda datang ke negeri ini?”
Abu Dzar berkata, “Jika Anda mau merahasiakan ini, boleh aku ceritakan?”
Ali berkata, “Coba katakan”.
Abu Dzar berkata, “Sebenarnya ada kabar bahwa di sini ada seseorang yang mengaku sebagai nabi. Sebelumnya aku telah mengutus saudaraku untuk menemuinya, tapi aku belum puas dengan ceritanya”.
Maka Ali berkata bahwa dia akan menemui Rasulullah. Maka Abu Dzar mengikutinya dan akhirnya bertemu Rasulullah. Rasulullah menyambutnya dengan baik dan memperkenalkan Islam kepadanya. Maka Abu Dzar menyatakan ke-Islamannya.
Rasulullah memerintahkan Abu Dzar untuk pulang dan merahasiakan perkara tadi. Namun Abu Dzar justru mengumumkan ke-Islamannya dengan meneriakkan kalimat Syahadat di masjid. Kaum musyrik yang mendengar itu segera menyerangnya, hingga Abbas bin Abdul Muththalib membebaskannya dengan berkata, “Kalian mau menyerang orang Ghaffar ini? Perjalanan dan perdagangan kalian melewati kabilah Ghaffar”. Maka Abu Dzar bebas. Namun , subuh keesokan harinya, dia kembali meneriakkan kalimat Syahadat dan kaum musyrik Quraisy juga menyerangnya lagi. Dan sekali lagi Abbas menyelamatkannya.

d.       Hifail bin Amru Al-Dausi
Dia adalah seorang laki-laki mulia, penyair yang pandai, dan ketua kabilah Daus, salah satu suku di Yaman. Dia masuk Islam pada tahun kesebelas kenabian.

e.      Dhamad Al-Uzdi
Dia adalah seorang laki-laki dari kabilah Uzd-Synawah dari Yaman. Awalnya seorang dukun. Masuk Islam setelah mendengar perkataan yang indah tentang pujian terhadap Allah dan kalimat Syahadat dari Rasulullah.


Referensi:
·         Mubarakfuri, Syekh Shafiyyur-Rahman, dan Haidir, Abdullah (Penerjemah). 2005. Sejarah Hidup dan Perjuangan Rasulullah. Riyadh: Kantor Dakwah dan Bimbingan bagi Pendatang Al-Sulay.
·         Al-Mubarakfuriyy, Syeikh Safy Al-Rahman. Seerah Nabawiyyah, Al-Raheeq Al-Makhtum.




No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts