Saturday, October 20, 2018

KISAH NABI ISMAIL AS. (DAN NABI IBRAHIM AS.) - Perintah Agar Melakukan Khitan/Sunat

Sunat atau khitan atau sirkumsisi adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari alat kelamin laki-laki. Khitan secara bahasa artinya memotong. Khitan adalah salah satu sarana penyucian diri dan bukti ketundukan terhadap ajaran agama Islam.

Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda, “Kesucian (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis dan memotong kuku.” (H.R. Bukhari Muslim).

Ketika Nabi Ibrahim berumur sembilan puluh tahun dan Nabi Ismail berumur tiga belas tahun, Allah SWT memberi perintah untuk melakukan khitan atau sunat. Konon, Nabi Ibrahim menggunakan kampak dalam proses khitan. Khitan ini terus dilakukan oleh Nabi-Nabi sesudah mereka, termasuk ajaran Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW.

Surat Al-Baqarah ayat 136:

قُولُوٓاْ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَمَآ أُنزِلَ إِلَيۡنَا وَمَآ أُنزِلَ إِلَىٰٓ إِبۡرَٰهِ‍ۧمَ وَإِسۡمَٰعِيلَ وَإِسۡحَٰقَ وَيَعۡقُوبَ وَٱلۡأَسۡبَاطِ وَمَآ أُوتِيَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَمَآ أُوتِيَ ٱلنَّبِيُّونَ مِن رَّبِّهِمۡ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ أَحَدٖ مِّنۡهُمۡ وَنَحۡنُ لَهُۥ مُسۡلِمُونَ  ١٣٦
136.  Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".

Bagi umat Islam, sunat adalah tentang menjaga kebersihan alat reproduksi laki-laki. Menurut ilmu kedokteran, khitan bermanfaat bagi kesehatan karena membuang bagian tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, najis, virus, dan bau tidak sedap. Air kencing mengandung semua hal tersebut. Ketika air kencing keluar melewati kulit penutup bagian depan, maka sebagian endapan kotoran akan tertahan oleh kulit itu. Semakin lama endapan itu akan semakin menumpuk. Karena itu, khitan mencegah seseorang terkena penyakit kelamin. Menurut beberapa penelitian medis, penderita penyakit kelamin lebih banyak yang berasal dari orang yang tidak dikhitan.

Waktu wajib khitan adalah pada saat baligh, karena telah wajib melaksanakan sholat. Tanpa khitan, sholat tidak sempurna sebab salah satu syarat sah sholat adalah suci. Adapaun waktu sunnah khitan adalah sebelum baligh.


Referensi:
·    AR., MB. Rahimsyah. Sejarah Islam Kisah 25 Nabi dan Rasul. Surabaya: CV Pustaka Agung Harapan
·       https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/08/28/m9gtp8-tujuan-dan-manfaat-khitan-1
·         https://id.wikipedia.org/wiki/Sunat



No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts