Friday, March 29, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Kegunaan Masjid Syahadat



Maket Betterpad-Ray


Maket Masjid Syahadat

Ini adalah maket masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket kompleks Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya). Masjid ini bernama Syahadat karena memiliki menara yang pada bagian atasnya terdapat dua kata arab berupa kaligrafi, yaitu lafdzul jalalah (Allah) dan lafadz Muhammad. Rukun Islam pertama, dasar utama, atau syarat seseorang non-Islam masuk Islam adalah mengucapkan dua kalimat Syahadat, yaitu Asyhadu Alla Ilaha Illallah, Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Utusan Allah).

Sholat adalah tiang agama yang wajib dilaksanakan bagi setiap muslim dan harus dilakukan di tempat yang bersih atau suci, salah satunya bangunan masjid.

Surat Al Alaq ayat 19:
... وَٱسۡجُدۡۤ وَٱقۡتَرِب۩  ١٩
19.  ...dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan).

Umumnya, pengertian oleh masyarakat terhadap kegunaan masjid hanyalah terbatas pada tempat ibadah atau terkadang hanya digunakan sebagai tempat sembahyang secara fisik. Di masjid umat muslim melaksanakan sholat baik secara sendiri maupun berjamaah. Pada hari Jumat waktu dilaksanakan sholat Jum’at, umumnya adalah waktu paling ramai bagi umat muslim (terutama pria) untuk mendengarkan khutbah dan melaksanakan shalat Jum’at berjamaah. Jika ada waktu ramai lainnya adalah saat pelaksanaan shalat tarawih atau sholat Ied. Sebenarnya menurut Islam, masjid bukanlah hanya sekadar tempat beribadah, namun juga merupakan pusat peribadatan dan kebudayaan Islam sejak kelahiran, pertumbuhan, hingga perkembangannya saat ini.

Secara umum, pengetian masjid adalah rumah Allah SWT yang dibangun untuk umat muslim mengingat, mensyukuri, dan menyembah-Nya. Secara bahasa, masjid berasal dari bahasa Arab yaitu sajada yang berarti tempat sujud. Lalu diberi imbuhan ma- sehingga menjadi kata masjid. Pada dasarnya, masjid bukanlah tempat ibadah atau bangunan khusus untuk beribadah bagi umat Islam. Sesungguhnya bumi yang luas yang dipijaki manusia ini adalah masjid bagi umat muslim. Semua tempat boleh digunakan untuk melaksanakan ibadah, kecuali pemakaman, tempat yang bernajis, dan tempat-tempat yang tidak memenuhi syarat dalam Islam untuk dijadikan tempat beribadah. Rasulullah bersabda, “Setiap bagian dari bumi Allah adalah tempat sujud (masjid)”. (HR Muslim).

Meskipun secara harfiah masjid berarti tempat sujud, atau sedikit lebih luas lagi adalah tempat ibadah, namun sebenarnya masjid memiliki kegunaan yang lebih luas lagi yang meliputi berbagai aspek kehidupan manusia. Saat Nabi Muhammad SAW membangun masjid di sekitar tempat tinggal beliau, tempat tersebut juga berfungsi sebagai tempat pendidikan, sosial, politik, bahkan militer. Dan saya berharap bahwa masjid desain saya ini bisa digunakan untuk berbagai aspek kepentingan umat Islam.

Maket Masjid Syahadat dilihat dari pojok

Dari hal-hal tadi, fungsi yang paling terlihat adalah fungsi pendidikan. Majelis-majelis taklim, ceramah, dan diskusi bagi kaum Muslimin bisa dilakukan di dalam Masjid. Menurut sejarah Rasulullah, wahyu yang diterima oleh beliau ketika berada di Madinah biasanya saat berada di masjid. Nabi Muhammad SAW menerangkan hukum-hukum Islam kepada masyarakat di masjid. Hal ini menjelaskan bahwa masjid berfungsi sebagai tempat memberi dan menerima ilmu agama Islam. Hal ini terus berlangsung hingga saat ini, di mana orang-orang menimba ilmu agama dan belajar hukum Islam di masjid, bisa melalui khutbah, ceramah, atau diskusi. Insya Allah, di dalam masjid Syahadat ini juga akan terdapat perpustakaan kecil atau setidaknya rak besar sebagai tempat buku-buku agama Islam yang dapat dibaca bagi para jama’ah.

Selain pendidikan, masjid digunakan sebagai tempat kegiatan sosial, seperti pengelolaan zakat, pengelolaan hewan kurban, sumbangan bagi anak yatim-piatu dan fakir miskin, khitanan massal, diskusi, upacara pernikahan, bantuan musibah, serta pembinaan muallaf.

Insya Allah, masjid yang saya desain dapat memenuhi kebutuhan kesehatan bagi masyarakat, seperti klinik kecil, pelayanan bagi kesehatan ibu dan anak, konsultasi kesehatan, dan pertolongan pertama pada kecelakaan. Jika ada masjid yang seperti itu, itu adalah hal yang bagus. Maka saya mendesain bangunan kecil di sebelah masjid untuk hal-hal tersebut.

Masjid juga digunakan untuk pembinaan remaja sebagai generasi penerus bangsa yang akan memimpin bangsa di masa depan. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah mengajo, gerakan kepanduan, kesenian Islami, dan sebagainya.

Peringatan hari-hari besar Islam maupun hari besar Nasional dapat diadakan di dalam masjid. Hal ini penting agar masyarakat dapat mengingat dan mempelajari sejarah-sejarah penting yang berhubungan dengan perkembangan peradaban di dunia ini. Penyelenggaran lomba-lomba Islami juga bisa diadakan di masjid.

Masjid memang memiliki peran dan fungsi yang luas bagi masyarakat. Masjid bisa mendorong masyarakat agar selalu menjaga kerukunan, persatuan , bermusyawarah dengan baik, dan bersilaturahim sehingga berbagai kepentingan masyarakat bisa terpenuhi dan berbagai masalah bisa diselesaikan dengan baik melalui musyawarah. Masjid yang baik dan dimanfaatkan dengan baik bisa membuat masyarakat hidup lebih baik dan maju di jalan Allah SWT. Selain itu, masjid tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi maupun golongan, apalagi untuk hal-hal yang negatif. Meskipun untuk masyarakat, masjid harus digunakan untuk hal-hal positif yang sesuai dengan Islam dan tidak merusak masjid itu sendiri, kehidupan  beragama, maupun masyarakat.

Maka, diharapkan bahwa masjid dapat dijaga dengan baik dan selalu memiliki kegiatan yang positif dengan peran dari berbagai pihak, seperti masyarakat umum dan pemerintah.


Referensi:
·         Susanta, Gatut, dkk. Membangun Masjid & Mushola. 2007. Depok: Penebar Swadaya. (https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1048_Membangun%20Masjid%20dan%20Mushola#mode/2up)

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts