Sunday, March 31, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Ruang Inti pada Masjid Syahadat



Maket Betterpad-Ray


Maket Masjid Syahadat

Di dalam maket kompleks Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) terdapat maket masjid yang diberi nama Masjid Syahadat. Masjid ini memiliki dua lantai dengan lantai dua pada ruang sholat utama berupa balkon. Desain kompleks bangunan ini menghadap ke selatan dengan kedua pintu gerbang depan sebagai sisi selatan. Masjid ini terletak di sisi barat kompleks bangunan karena bangunan ini untuk dibangun di Indonesia yang terletak di timur Masjidil Haram, Mekkah, sebagai kiblat sholat bagi umat Muslim. Menurut saya dengan posisi seperti ini, para pengunjung yang akan melaksanakan sholat dapat langsung masuk ke masjid saat dari luar kompleks Betterpad-Ray. Dan di depan masjid Syahadat (depan mihrab) hanya ada tembok sebagai batas kompleks bangunan, sehingga setiap muslim yang mengerjakan sholat seolah-olah tidak menghadap kepada suatu benda selain tembok sebagai pembatas bangunan saja.

Hal yang akan dibahas kali ini adalah desain ruang inti pada masjid Syahadat. Ruang inti di sini adalah bangunan induk yang terbesar yang terdapat fungsi utama sebuah masjid. Ruang inti atau ruang utama pada masjid Syahadat terdiri dari ruang sholat, ruang untuk bersuci (terutama untuk berwudhu), dan teras atat serambi. Insya Allah, ruangan yang saya desain ini cukup luas untuk para pengunjung dan yang terpenting dapat memenuhi kebutuhan ibadah dengan fasilitas yang memadai.

Ruang yang paling penting di masjid Syahadat adalah ruang sholat yang memang merupakan ruang utama di semua masjid. Ruang sholat terdiri dari mihrab dan ruang jamaah. Mihrab adalah ruang kecil yang berada di bagian paling depan ruangan sholat sebagai tempat imam memimpin sholat. Mihrab juga menandakan arah kiblat sholat. Di dinding mihrab akan saya beri lubang cahaya dengan kaca agar pencahayaan di mihrab lebih baik. Mihrab desain saya juga memiliki ruangan kecil di sisi kanan dan kiri untuk dapat menyimpan perlengkapan sholat.

Sementara ruang jamaah disediakan bagi para muslim untuk melakukan sholat mengikuti imam, sholat sendiri, atau tempat jamaah mendengarkan khutbah. Ruang sholat utama masjid Syahadat setidaknya memiliki 20 shaf dengan tiap shaf minimal terdiri  dari 50 orang. Jumlah ini mungkin bisa lebih banyak pada kenyataannya jika shaf sangat rapat. Pada ruang sholat terdapat 4 tiang besar yang menyangga atap tumpang masjid Syahadat. Tiang-tiang dan bentuk atap tumpang merupakan ciri khas masjid yang berada di Jawa. Jendela-jendela pada sisi ruangan (kecuali sisi depan) memiliki lengkungan yang indah bernuansa Arab, berjumlah banyak, dan berukuran besar agar memberi pencahayaan alami, ventilasi udara, dan kenyamanan bagi jamaah. Untuk pembagian shaf saat sholat jamaah, laki-laki berada di sisi kanan dan perempuan berada di sisi kiri, hal yang umum di beberapa masjid di Indonesia.

Selain mihrab dan ruang jamaah, ruang sholat masjid Syahadat dilengkapi dengan mimbar. Mimbar adalah tempat yang diperuntukkan bagi khatib untuk menyampaikan khutbah pada sholat Jumat atau sholat Id. Di Jawa, ada banyak mimbar terbuat dari kayu berupa podium dengan tempat duduk menjadi satu bagian yang dihiasi ukiran indah. Saya berniat memberikan mimbar yang sederhana saja namun tetap menunjukkan budaya Islam dan Jawa.



Desain Masjid Syahadat dilihat dari pojok

Ruang Wudhu masjid Syahadat terletak di luar kedua sisi samping masjid. Karena bersih dan suci adalah syarat mutlak dalam melaksanakan sholat, maka tempat wudhu tidak terpisah dengan bangunan masjid. Syarat bersih bagi orang yang hendak beribadah tidak hanya dilakukan dengan berwudhu, tetapi juga membersihkan najis, mandi, dan sebagainya. Maka masjid Syahadat juga dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet. Tempat bersuci harus terjamin kebersihannya dan tempat berwudhu harus terjamin kesuciannya. Tempat wudhu didesain dengan ukuran yang longgar, dengan lebar 9 meter sehingga orang-orang leluasa dalam antri atau melangkah.

Ruang wudhu antara pria dan wanita juga dipisahkan sesuai pembagian shaf. Bagi pria akan berwudhu di tempat sebelah kanan dan wanita akan berwudhu di tempat sebelah kiri. Untuk menjaga penyediaan air yang higienis, air wudhu mengalir melalui beberapa keran air dan di bawah keran disediakan saluran air agar air wudhu yang digunakan tidak mengalir ke lantai ruang wudhu. Insya Allah akan disediakan tempat duduk terutama bagi orang yang fisiknya lemah. Sebelum masuk ke ruang wudhu, disediakan tempat penitipan barang atau sandal/sepatu. Hal ini untuk menghindari rasa khawatir akan hilangnya barang dan menciptakan kekhusyukan dalam beribadah di masjid Syahadat.

Sebelum ruang sholat utama, terdapat teras atau serambi yang merupakan ruangan yang cukup terbuka. Serambi masjid Syahadat digunakan sebagai ruang publik. Serambi ini didesain agar dapat langsung diakses dari luar maupun tempat wudhu. Di serambi akan disediakan tempat penitipan barang sehingga barang bawaan  tidak mengganggu seseorang dalam sholat. Keberadaan serambi tidaklah mutlak. Namun untuk masjid di Indonesia keberadaan serambi sangat diperlukan untuk merespon iklim tropis. Serambi berfungsi sebagai peneduh yang mengurangi rasa panas matahari atau panas udara. Serambi masjid Syahadat memiliki dua lantai. Tangga menuju lantai dua masjid Syahadat juga terletak di serambi dan bisa menuju ke balkon ruang sholat utama.

Demikianlah desain masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya). Jujur bahwa saya masih lulusan SMA dan belum kuliah terutama arsitektur. Saya menyukai arsitektur khususnya arsitektur Indonesia dan beniat mengenalkannya kepada dunia. Yang jelas semoga desain saya ini dapat bermanfaat. Terima kasih.


Referensi:
·         Susanta, Gatut, dkk. Membangun Masjid & Mushola. 2007. Depok: Penebar Swadaya. (https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1048_Membangun%20Masjid%20dan%20Mushola#mode/2up)


No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts