Monday, April 8, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Tempat Penunjang Aktivitas di Masjid Syahadat






Sebagai desain masjid yang terletak dalam kompleks bangunan terpadu, yaitu desain masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya), desain ini dibuat agar memberikan kenyamanan dan kelancaran dalam berbagai kegiatan di dalam masjid. Sebagai desain untuk kompleks bangunan yang diharapkan memperoleh banyak pengunjung baik dari lokal maupun internasional, atau untuk kantor yang memiliki fungsi strategis, tentu akan dibuat fasilitas terbaik yang memenuhi kebutuhan para pengunjung. Masjid Syahadat adalah suatu desain arsitektur Jawa dan Arab yang memiliki ukuran cukup luas yang setidaknya dapat menampung 1500 orang. Memiliki arsitektur yang khas dengan menara Syahadat sebagai yang paling menonjol sebagai tanda adanya sebuah masjid jika dilihat dari jarak jauh. Dengan adanya keindahan menara, setidaknya orang-orang berharap bahwa hal tersebut juga diimbangi dengan tempat penunjang yang baik. Maka di sini akan dijelaskan tentang fasilitas penunjang yang dibutuhkan oleh para pengurus maupun pengunjung.

Untuk para pengurus, di dalam masjid Syadahat akan terdapat ruang audio untuk mengontrol sound system di dalam dan luar masjid. Ruangan ini dapat terletak di samping mihrab, karena pada mihrab dan mimbar terdapat mikrofon yang digunakan oleh khatib, penceramah, ataupun yang membaca Al Qur’an, sehingga pengaturan sound system dapat dilakukan dalam jarak dekat. Untuk masjid Syahadat akan terdapat aturan mengenai penggunaan sound system sesuai Instruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor Kep/D/101/1978. Misalnya bahwa adzan harus menggunakan pengeras suara keluar, sedangkan ceramah, khutbah, atau pembacaan doa biasanya menggunakan pengeras suara ke dalam. Jaringan sound system akan diatur sebaik mungkin agar dapat didengar jamaah di setiap sudut masjid agar suara yang didengar lebih jelas. Untuk pengeras suara keluar akan diletakkan di menara masjid Syahadat tepatnya di bawah lafadz Allah dan Muhammad.

Lahan parkir adalah hal yang dibutuhkan bagi setiap tempat umum, begitu juga untuk masjid Syahadat. Sebuah masjid yang besar harus memiliki fasilitas parkir yang memadai. Adanya lahan parkir diharapkan dapat mencukupi kebutuhan dan memberi kenyamanan bagi para pengunjung yang membawa kendaraan. Saya merencanakan bahwa fasilitas parkir harus sesuai dengan daya tampung pengunjung dalam masjid Syahadat, baik ketika hari-hari biasa, sholat Jumat, sholat Id, dan sholat tarawih. Saya mendesain tempat parkir teduh yang berbentuk memanjang di sisi kiri masjid, terletak lebih dekat ke pintu gerbang kompleks Betterpad-Ray daripada bangunan masjid. Hal tersebut agar memudahkan para pengunjung untuk memarkirkan kendaraan saat baru masuk kompleks bangunan. Saat masuk, pengunjung dapat melihat tanda tempat parkir yang tertera.  Tempat parkir yang teduh tentunya untuk melindungi kendaraan dari hujan atau panas berlebih. Kapasitasnya sekitar 20 mobil.

Tempat parkir teduh sebelah kiri, kantor pengurus dan dapur sebelah kanan

Memang tidak semua kendaraan dapat masuk ke tempat parkir teduh, namun halaman sekeliling masjid Syahadat yang cukup luas dan bila mungkin halaman utama kompleks Betterpad-Ray dapat dipakai sebagai tempat parkir. Maka akan ada petugas parkir yang mengatur dan menata parkir, dan tidak ada biaya parkir. Bila pengunjung ingin membayar, sebaiknya mengisi kotak infaq di masjid, karena sebagian uangnya dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan parkir atau untuk menggaji petugas parkir.

Gerbang utama Maket Betterpad-Ray

Gerbang barat daya Maket Betterpad-Ray

Untuk masjid berukuran besar terdapat pos keamanan di dekat pintu masuk sebagai tempat untuk mengawasi kegiatan di area masjid, terutama aktivitas pengunjung. Pos keamanan memang diperlukan karena banyaknya pengunjung dan area masjid yang luas. Karena masjid Syahadat adalah bagian dari kompleks bangunan, maka pos keamanan memang digunakan untuk seluruh kompleks bangunan. Untuk pos keamanan terdekat terletak di pintu gerbang utama dan pintu gerbang kecil di sebelah barat daya masjid Syahadat (arah mihrab). Untuk setiap gerbang kompleks Betterpad-Ray terdapat dua pos keamanan yang terletak di kanan dan kiri pintu gerbang agar sistem keamanan lebih ketat dan lebih mudah saat keluar masuk pengunjung. Untuk keamanan di dalam area masjid Syahadat akan diletakkan CCTV yang terhubung dengan kantor pengurus masjid.

Keberadaan lahan terbuka atau halaman masjid dapat mendukung keberadaan masjid sebagai wadah aktivitas masyarakat. Halamam masjid dapat diatur sebagai tempat sholat berjamaah jika ruangan dalam masjid Syahadat sudah terisi penuh. Hal ini lazim terjadi ketika pelaksanaan sholat Id. Halaman masjid di sebelah samping dan belakang masjid hingga halaman utama kompleks Betterpad-Ray dapat digunakan untuk sholat berjamaah. Selain itu, halaman masjid dapat dipakai untu berbagai aktivitas lainnya, misalnya penyembelihan hewan Qurban saat Idul Adha. Hewan-hewan Qurban yang akan disembelih juga langsung ditambatkan di tempat ini. Di sebelah kanan masjid dekat kantor pengurus akan disediakan lahan tanah sebagai tempat penyembelihan hewan, terutama sebagai tempat mengalirkan darah. Karena biasanya terdapat jumlah daging hewan yang banyak, pengelolaan dan pengirisan daging dilakukan di tempat yang cukup luas. Maka hal ini juga dapat dilakukan di halaman masjid Syahadat. Daging-daging ini akan dikirimkan kepada masyarakat oleh para pengurus dan sukarelawan. Sisa daging yang ada dapat dimasak di dapur masjid Syahadat. Halaman masjid juga dapat digunakan untuk aktivitas lainnya, seperti kesenian, bela diri, dan kegiatan sosial.

Contoh taman bunga

Kolam Betterpad-Ray

Salah satu pendukung pemandangan masjid Syahadat adalah keberadaan taman. Sebuah taman dapat memberikan elemen lunak yang memberi suasana bersahabat, ketenangan, dan kesegaran bagi area masjid. Elemen lunak yang dapat dilihat adalah tumbuhan dan air. Tumbuhan dapat berupa rumput, semak, bunga, dan pepohonan. Tumbuhan hijau dapat memberikan kesan alami yang sangat kuat sehingga menimbulkan efek kelembutan dan ketentraman suasana sebuah ruang. Di desain masjid Syahadat akan terdapat semak-semak atau tanaman bunga dan pohon di pinggir area.

Elemen air dapat berbentuk kolam, air mancur, air terjun buatan, dan lain-lain. Adanya elemen air dapat menurunkan temperatur udara di sekitarnya sehingga tersa sejuk dan menyegarkan. Di samping masjid Syahadat terdapat kolam besar yang dapat menambah keindahan taman. Sedangkan di belakang atau samping masjid Syahadat akan terdapat air mancur mini.

Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.


Referensi:
·         Susanta, Gatut, dkk. Membangun Masjid & Mushola. 2007. Depok: Penebar Swadaya. (https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1048_Membangun%20Masjid%20dan%20Mushola#mode/2up)
·         https://kemenag.go.id/berita/read/508539/kemenag-minta-kanwil-sosialisasikan-kembali-aturan-pengeras-suara-di-masjid

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts