Thursday, June 20, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Hubungan Sumber Daya Air Tanah dengan Alih Fungsi Lahan



Air tanah adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Meskipun begitu, butuh proses pembentukan yang memerlukan waktu lama, bisa mencapai puluhan tahun hingga ribuan tahun.
Jika air tanah tersebut telah mengalami kerusakan kuantitas maupun kualitasnya maka butuh proses pemulihan dalam waktu lama, biaya tinggi, dan teknologi yang rumit, bahkan tidak akan kembali pada kondisi awalnya. Karena itu, air tanah dapat disebut sebagai sumber daya terbarukan dan sekaligus tak-terbarukan.
Konsep air tanah sebagai sumber daya terbarukan didasarkan pada proses alami, yaitu adanya sirkulasi pada sistem akuifer: aliran masuk dan aliran keluar ataupun imbuh dan luah. Periode proses sirkulasi pada sistem akuifer ini sangat bervariasi antara 10 sampai 100.000 tahun (Hendrayana, 2007).
Sedangkan konsep air tanah sebagai sumber daya tak terbarukan adalah konsep periode pengisian ulang air tanah antara 100 sampai 1.000 tahun. Periode tersebut sangat panjang dibandingkan dengan periode aktivitas manusia pada umumnya, dan perencanaan pendayagunaan sumber daya air pada khususnya (Hendrayana, 2007).
Sebagai contoh dari konsep ini adalah pada saat pengisian air tanah. Air tanah yang meresap ke tanah sangat sedikit sedangkan sistem akuifernya sangat luas, sehingga butuh waktu yang sangat lama. Namun bukan berarti bahwa sistem akuifer tersebut sama sekali tidak mengalami pengimbuhan, atau tidak berkaitan dengan daur hidrologi.
Air tanah sebagai sumber daya terbarukan atau tak terbarukan tergantung pada jarak daerah imbuhan akuifer terhadap luasan sistem akuifer atau waktu tempuh aliran air hingga mencapai dan mengisi ulang akuifer tersebut. Disebut terbarukan kalau memiliki periode pengisian ulang antara <10 – 100 tahun, dan sebaliknya air tanah disebut sumber daya tak terbarukan kalau membutuhkan waktu berabad-abad dan bahkan hingga jutaan tahun untuk pengisiannya.
Di daerah imbuhan, karena perkembangan jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi, maka terjadi alih fungsi lahan menjadi lahan pemukiman, industri, dan lain-lain, yang menyebabkan terjadinya penurunan resapan air. Karena peningkatan kebutuhan air, maka terjadi penurunan ketersediaan air tanah. Lahan yang awalnya merupakan daerah konservasi, kawasan lindung, daerah resapan air, hutan lindung, daerah penyangga malah menjadi tempat-tempat kedap air berupa pemukiman, perindustrian, perdagangan, dan lainnya yang mengakibatkan terjadinya dua dampak secara bersamaan. Dampak pertama adalah peningkatan kuantitas dan kualitas kebutuhan air dan dampak kedua adalah penurunan kuantitas dan kualitas ketersediaan air. Artinya kedua dampak dalam aspek pengelolaan sumber daya air erat hubungannya dengan aspek konservasi sumber daya air dan aspek pendayagunaan sumber daya air. Selain kedua dampak tadi, perubahan fungsi lahan juga menyebabkan peningkatan aliran permukaan yang menyebabkan terjadi peningkatan potensi bencana banjir. Dalam pengelolaan sumber daya air maka hal tersebut merupakan aspek pengendalian daya rusak air.
Insya Allah jika terwujud, hasil desain Maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya “Tembok Mural”) akan memerhatikan dan menjaga air tanah sebagai sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan, terutama manusia. Manusia sebagai makhluk yang diberi akal oleh Tuhan Yang Maha Esa seharusnya menyadari tentang pentingnya air tanah baik peran, fungsi, dan kelestariannya. Karena itu perlu dilakukan berbagai kajian dan penelitian yang lebih mendalam tentang air tanah. Air tanah adalah sumber daya yang bisa terbarukan dan juga bisa tak terbarukan yang tentunya perlu pemanfaatan dan pengelolaan yang baik. Umumnya manusia menganggap bahwa air terutama air tanah tak akan pernah habis, dalam artian selalu terisi kembali dalam siklus hidrologi, tidak seperti minyak bumi yang berasal dari jasad organik yang telah mati yang membutuhkan waktu sangat panjang dalam pembentukannya. Selain itu air benar-benar dibutuhkan setiap waktu oleh makhluk hidup agar dapat meneruskan hidupnya hingga akhir. Air sebagai kebutuhan dasar tak akan pernah terganti oleh zat-zat air. Ketika merasa kehausan, maka hanya air yang dapat mengatasinya. Aliran darah dalam tubuh serta proses kerja organ-organ tubuh lainnya juga harus membutuhkan air. Agar hewan dan tumbuhan bisa hidup juga butuh air.
Saat ini sudah ada kekhawatiran tentang kualitas dan kuantitas air tanah sesuai uraian tadi. Adanya pembangunan yang menutupi lahan-lahan resapan air memang merusak kualitas dan kuantitas air tanah. Karena itu, dapat diusahakan bahwa desain Betterpad-Ray akan dibangun dengan memerhatikan pentingnya tempat-tempat resapan air. Mungkin dalam setiap pembangunan selalu ada saja bagian tempat resapan air yang harus dikorbankan, namun tetap ada yang bisa dilakukan agar air tetap memiliki jalan menuju ke tanah. Misalnya dengan tetap memberikan tempat resapan air yang cukup luas atau ruang hijau dalam suatu area bangunan. Selain itu juga perlu dibuat saluran air untuk mencegah banjir. Untuk desain Maket Betterpad-Ray, mungkin pemilihan tempat lokasinya bisa di tempat yang daerah imbuhannya tidak signifikan atau bukan tempat yang mengurangi tempat resapan air secara signifikan, mungkin bisa berada di daerah hilir. Tata ruang air dalam maket Betterpad-Ray juga perlu dibahas lebih dalam bersama para ahli agar dalam hal ini tetap dapat menjaga ketersediaan air tanah. Hal tadi mungkin bisa diterapkan pada pembangunan lain, jika bisa.
Memang disadari bahwa untuk bangunan-bangunan berukuran besar atau pemukiman padat, termasuk desain Maket Betterpad-Ray memang membutuhkan air dalam jumlah besar yang bersumber dari air tanah. Umumnya faktor ekonomi dan bisnislah yang membuat bangunan-bangunan atau pemukiman baru didirikan. Kemudian karena tata ruang dan lingkungan yang tidak tepat, maka kualitas dan kuantitas ketersediaan mengalami penurunan, berbanding terbalik dengan jumlah yang hendak digunakan. Namun tujuan dari desain Maket Betterpad-Ray bukanlah untuk tujuan ekonomi dan bisnis, terlebih kepentingan pribadi. Betterpad-Ray memiliki tujuan dalam bidang pendidikan, sosial, dan budaya yang digunakan untuk kepentingan umum. Insya Allah akan dilakukan pengelolaan air tanah yang tepat, baik, dan benar untuk desain kompleks bangunan tersebut agar ketersediaan air dapat terjaga dengan baik, dan hal itu juga untuk masyarakat sekitar. Desain Betterpad-Ray memang memiliki berbagai fasilitas, seperti Masjid Syahadat, Pendapa Peradaban, dan Bangunan Utama Betterpad-Ray. Semuanya tentu membutuhkan air dari sumber air tanah dalam jumlah banyak. Namun semuanya juga merupakan bangunan-bangunan yang memiliki manfaat bagi orang-orang dan tidak akan ada pemborosan air dalam setiap kegiatannya, secukupnya saja sesuai kebutuhan.
Baik sebagai sumber daya yang terbarukan maupun tak terbarukan, air tanah memang benar-benar berperan penting dalam kehidupan. Sudah menjadi kewajiban untuk menjaga dan mengelolanya dengan baik dan berusaha untuk tidak merusak atau mencemarinya dengan hal-hal yang terkadang tidak disadari atau tidak diperhatikan. Jika alam rusak, maka manusia juga yang merasakan keburukannya. Maka diharapkan bahwa berbagai fasilitas dari desain Maket Betterpad-Ray dapat digunakan sebagai tempat untuk mengkaji, berdiskusi, dan menemukan solusi tentang permasalahan air tanah yang dilakukan oleh berbagai pihak. Tidak hanya wacana, namun juga perlu praktik nyata secara benar tanpa pamrih. Karena hasilnya juga demi kepentingan semua manusia dan makhluk hidup.

Masjid Syahadat

Pendapa Peradaban

Bangunan Utama Betterpad-Ray

Demikianlah penjelasan dari artikel mengenai desain maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya). Insya Allah bisa diwujudkan. Aamiin. Mohon maaf apabila ada kesalahan terutama di artikel ini.

Referensi:
§  Robert J. Kodoatie dan Roestam Sjarief. Tata Ruang Air. 2010. Yogyakarta: ANDI. (https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1822_Tata%20Ruang%20Air#mode/2up)

(Hobi Arsitektur)


No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts