Friday, June 21, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Pekerjaan Persiapan Pembangunan Masjid Syahadat (Contoh)



Dalam membuat bangunan, dalam hal ini adalah masjid, setelah semua pekerjaan perencanaan telah selesai, maka kegiatan selanjutnya adalah pelaksanaan. Pekerjaan bisa dimulai dengan melakukan persiapan terlebih dahulu di lokasi lahan yang akan dibangun masjid.
Pekerjaan persiapan bisa dilakukan bila gambar dan proses pengurusan perijinan telah selesai. Pekerjaan persiapan adalah pekerjaan yang belum melakukan pembangunan fisik. Pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan penunjang dan pekerjaan yang memperlancar pekerjaan fisik, antara lain adalah pekerjaan pembersihan lokasi, pemasangan bouwplank, dan pembuatan gudang atau bedeng.
Insya Allah, jika desain Masjid Syahadat dari Maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya “Tembok Mural”) dapat diwujudkan, maka proses persiapan pembangunan akan dilakukan dengan baik agar pembangunannya berjalan lancar. Dalam mewujudkan rencana, persiapan memang penting dilakukan agar semuanya sudah tersedia, mudah dilakukan, dan proses utamanya berjalan lancar. Proses persiapan perlu dilakukan dengan baik, hati-hati, dan teliti agar pekerjaan bisa dilakukan sesuai harapan dan tujuan. Dalam persiapan, dari hal yang dasar sampai hal yang detail perlu dilaksanakan dengan baik.
Pembersihan lokasi dilakukan terutama pada lahan yang akan dibuat bangunan masjid di atasnya. Pada pekerjaan ini, tanah dibersihkan dari rumput dan tanaman liar serta bebatuan agar tidak mengganggu pekerjaan selanjutnya sehingga proses pembangunan bisa berjalan lancar. Insya Allah, untuk desain Masjid Syahadat di Betterpad-Ray, proses pembersihan lokasi bisa dilakukan dengan baik dan benar.
Alat-alat yang digunakan untuk pembersihan lokasi harus dipersiapkan dengan baik, terutama alat-alat kebersihan sehari-hari seperti sapu lidi untuk membersihkan sampah-sampah yang mengganggu, bisa sampah dedaunan, plastik, kayu, dan sebagainya. Semua sampah-sampah tersebut dikumpulkan di suatu tempat dan bisa dibakar. Sampah-sampah daun sebenarnya juga bisa dibuat menjadi pupuk kompos jika ada alatnya. Sampah-sampah juga bisa dikumpulkan untuk diangkut oleh petugas kebersihan untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir, terutama sampah plastik. Sampah berupa kalengan, kaca, atau plastik keras bisa dikumpulkan untuk diberikan kepada pengumpul barang bekas, nantinya bisa dibuat menjadi benda lain lagi atau menjadi karya seni.
Rumput-rumputan dan tanaman liar bisa dibersihkan dengan cara dicabut dan dibuang atau dikumpulkan di suatu tempat yang tidak mengganggu. Tanaman liar yang dicabut biasanya berupa tanaman perdu yang ukurannya sedang. Selain itu bisa saja dalam memilih lahan ternyata masih terdapat pohon-pohon besar. Biasanya pohon-pohon tersebut akan ditebang begitu saja karena bangunan akan didirikan tepat di lokasi pohon-pohon yang ada. Dalam aspek lingkungan, tentu saja hal tersebut adalah tindakan yang kurang baik. Dalam hal ini, bisa membuat bangunan di suatu lahan dengan tidak menebang semua pohon yang ada sebisa mungkin dengan memperhatikan aspek jalan masuk, tata denah yang baik, pentingnya wujud bangunan, dan adanya pepohonan sebagai unsur alam yang meneduhkan dan menghasilkan oksigen.
Bebatuan juga merupakan hal yang dapat mengganggu proses pembangunan masjid. Sudah merupakan keharusan bahwa tanah yang akan dibuat bangunan harus bersih dan rata tanpa ada tonjolan batu-batu. Batu-batu ini bisa diangkut dengan gerobak sorong dan diletakkan di suatu tempat yang aman dan tidak mengganggu. Sebenarnya ada kasus lain bahwa bangunan yang hendak dibangun adalah untuk mengganti bangunan yang lama (renovasi) sehingga bangunan lama harus dihancurkan. Sisa-sisa dan serpihan bangunan yang hancur diambil dan dibuang / diletakkan ke suatu tempat hingga lahan renovasi masjid menjadi bersih dan rata. Biasanya bagian-bagian yang masih utuh dan bisa dipakai seperti kayu rangka atap, genting, kayu pada kusen, dan sebagainya dapat disimpan untuk keperluan lainnya.
Pekerjaan persiapan sebelum memulai pembangunan adalah pembuatan bedeng dan pembuatan bouwplank. Bouwplank adalah alat bantu tukang untuk membuat siku bangunan (900) dan ketinggian lantai. Biasanya bouwplank dibuat dari papan atau balok kaso yang dipasang 1 meter di luar denah yang akan dibuat agar tidak rusak atau terbongkar saat penggalian tanah untuk pondasi. Biasanya bouwplank akan dibongkar jika pekerjaan pengecoran beton sloof sudah dilaksanakan. Selain itu bouwplank juga dapat dianggap sebagai batas area bangunan masjid yang sedang dibangun dengan tempat bahan-bahan dan pengolahannya oleh para pekerja, seperti membuat adukan semen. Biasanya dalam area bangunan ada tempat berdirinya bangunan dan halaman / pekarangan bangunan. Lokasi pekerjaan selain bagian tanah berdirinya masjid biasanya merupakan halaman bangunan atau pekarangannya. Namun ada juga yang meletakkan bahan dan pengerjaannya di luar lahan atau di sebelah lahan karena ukuran lahan yang tidak mencukupi. Tidak perlu kayu yang bagus untuk pembuatan bouwplank. Yang penting, kayu-kayunya lurus dan dipasang dengan tepat agar bentuk bangunan juga tepat. Setelah selesai digunakan, kayu-kayu bouwplank dapat digunakan untuk keperluan lain.
Bedeng dibangun sebagai tempat istirahat pekerja dan tempat penyimpanan material, sehingga juga dapat disebut gudang. Tempat ini dapat dibuat dari rangka kaso dengan dinding penutup berbahan triplek atau seng gelombang. Ukuran minimalnya adalah 3 x 4 m, tentunya ukuran sekecil itu untuk bangunan masjid yang berukuran kecil. Bedeng dapat dibangun di dalam area pembangunan atau di luar lahan jika tidak cukup. Semakin besar bangunan yang akan dibuat, tentu semakin banyak bahan yang dibutuhkan serta para pekerjanya, sehingga bedeng yang dibuat juga harus semakin besar. Saat waktu istirahat, para pekerja dapat beristirahat dan berteduh di bedeng dengan berbagi kebutuhan yang tersedia. Lokasi makan dan minum para pekerja juga berada di bedeng. Untuk kebutuhan ibadah, maka dapat dibuat bedeng atau tenda yang selalu dijaga kebersihannya serta disediakan tempat wudhu sementara di dekatnya. Alas tenda dapat berupa tikar bersih agar para pekerja dapat nyaman beribadah. Di dalam bedeng juga akan diberikan berbagai fasilitas secukupnya, seperti meja, kursi, jam, radio, bahkan televisi sebagai sumber informasi. Makanan ringan dan wadah minuman juga disediakan di sana sesuai jadwalnya. Selain itu, perlu dibuat bedeng lain sebagai tempat penyimpanan material yang ditata sesuai dengan jenis dan kegunaannya. Bedeng untuk penyimpanan dapat merupakan tempat yang cukup tertutup serta ada kunci dan gembok. Jika perlu, maka dapat dipasang kamera pengawas tersembunyi untuk keamanan dan pengawasan. Insya Allah, jika pembangunan Maket Betterpad-Ray terwujud, maka dapat dikerjakan dengan baik dengan menjaga dan menggunakan bahan-bahan dengan baik, lalu para pekerja akan diberikan kenyamanan dan upah/gaji yang layak.
Tidak perlu membuat bangunan bedeng dengan bentuk yang bagus, yang penting kuat, bersih, rapi, dan nyaman. Meskipun bedeng hanyalah bangunan sementara, namun perlu dibangun dengan kuat agar tidak mudah rubuh dan tidak merepotkan. Cuaca yang tidak menentu seperti angin kencang dapat merubuhkan bedeng yang tidak kuat. Kebersihan harus selalu dijaga agar para pekerja dapat beristirahat dengan nyaman dan senang. Bedeng yang rapi membuat tempat-tempat untuk barang bangunan dan tempat benda-benda milik pekerja mudah diletakkan dan ditemukan. Kenyamanan juga merupakan hal yang penting, seperti pencahayaan yang baik, teduh, sirkulasi udara yang lancar, ukuran bedeng yang cukup membuat para pekerja bergerak secara leluasa, dan sebagainya.



Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin. Mohon maaf apabila ada kesalahan terutama di artikel ini.


Referensi:
·         Susanta, Gatut, dkk. Membangun Masjid & Mushola. 2007. Depok: Penebar Swadaya. (https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1048_Membangun%20Masjid%20dan%20Mushola#mode/2up)

(Hobi Arsitektur)


No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts