Tuesday, June 4, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Bahan Lantai pada Masjid Syahadat (desain)



Lantai adalah bagian dari sebuah bangunan yang penting untuk dibahas dan diperhatikan dalam desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya "Tembok Mural"), Insya Allah jika terwujud. Lantai adalah komponen bangunan masjid yang berfungsi untuk menahan rembesan air tanah atau hewan dari tanah dan sebaliknya. Lantai juga berfungsi sebagai penahan beban di atasnya dan dapat disebut sebagai pembatas ruang di bagian bawah. Secara umum, lantai dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu lantai interior yang berada di dalam bangunan dan lantai eksterior yang berada di luar bangunan.
Lantai beton tidak bertulang adalah jenis lantai yang biasa digunakan pada beton rabat, yaitu beton teras di sekitar bangunan, jalan setapak, dan lantai kerja. Lantai kerja adalah lantai landasan untuk cor beton yang tebalnya  5 cm. Peran dari lantai kerja adalah agar air semen tidak meresap ke dalam tanah sehingga beton tidak mudah keropos. Kelebihan dari lantai jenis ini yaitu kuat dan kokoh. Lantai ini memiliki warna abu-abu yang menampilkan kesan alami jika berada di luar ruangan, mudah pelaksanaannya, serta dapat dilapisi dengan jenis lantai lain jika sudah kusam. Namun, lantai ini tidak memiliki kesan mewah, terlihat monoton dan membosankan jika dibuat untuk lantai interior, serta mudah berlumut. Jenis lantai ini dapat diaplikasikan pada sekitar bangunan atau halaman bangunan. Namun sebaiknya jangan digunakan untuk seluruh lantai luar bangunan dan juga tidak perlu lebar-lebar, karena harus ada celah-celah atau tempat untuk resapan atau jalan air. Namun penggunaan lantai beton untuk lapangan olahraga dan sejenisnya memang harus seluruhnya karena demi kelancaran aktivitas olahraga.
Keramik adalah bahan pelapis lantai yang banyak digunakan untuk berbagai bangunan, termasuk masjid. Keramik banyak digunakan untuk lantai bangunan karena mudah diperoleh, mudah dipasang, dan mudah perawatannya. Keramik untuk lantai juga ada yang memiliki beragam corak yang indah, bahkan ada yang terlihat seperti marmer. Keramik dapat digunakan untuk lantai interior dan lantai eksterior. Keramik untuk lantai interior memiliki tekstur yang lembut dan cenderung licin terutama jika terkena air. Sementara keramik untuk lantai eksterior dan daerah basah memiliki tekstur kasar. Keramik untuk bangunan atau fasilitas umum yang penting atau harus melepas alas kaki sebaiknya yang berwarna cerah atau putih agar bila ada hewan-hewan relatif kecil yang berbahaya dapat terlihat. Warna cerah juga memberikan kesan terang dan bersih. Keramik yang kasar atau diberi tekstur dengan pola tertentu cocok digunakan pada kamar mandi karena memang tidak mudah licin. Keramik tersebut juga cocok untuk dipasang di ruang wudhu.
Ada baiknya ketika membeli keramik maka jumlahnya dilebihkan sekitar 10 % dari kebutuhan semula untuk pemasangan biasa dan 15 % - 25 % untuk lantai yang dipertimbangkan ada bagian potongan keramik karena pemasangan keramik secara diagonal. Sedangkan sisanya dapat disimpan untuk digunakan dalam perbaikan di lain waktu agar diperoleh warna dan motif keramik yang sama. Pembangunan Masjid Syahadat dan bangunan lainnya di Betterpad-Ray akan menghitung jumlah keramik secara cepat dan juga menyiapkan cadangan. Pemasangan keramik harus rapi dan apabila ada corak maka posisinya harus sama. Jika ada keramik yang terpaksa dipotong untuk menyesuaikan dengan ukuran lantai, maka sisi keramik yang terpotong harus menghadap dinding bangunan. Kantor pengurus Masjid Syahadat adalah yang paling mungkin menggunakan keramik, karena tidak bersifat menampilkan keindahan untuk publik. Namun perencanaan ini tentu masih mudah berubah.
Granit atau marmer adalah bahan pelapis lantai yang berkelas dan membuat tampilan ruangan atau tempat menjadi lebih mewah dan indah. Kesan mewah dari granit atau marmer bisa diperlihatkan di serambi. Kedua jenis batu alam ini memang memiliki kesan yang sama, yaitu memiliki kesan mewah yang alami dan kuat. Jika dilihat dari jenis bahannya, granit berasal dari batuan beku dengan komposisi mineral kuarsanya yang dominan sehingga rata-rata akan terlihat motif bintik-bintik halus yang menonjol. Granit juga sangat keras dan tidak mudah retak. Sedangkan marmer berasal dari jenis bahan dengan komposisi mineral kalsium karbonatnya yang dominan dan terproses alami dalam suhu tinggi. Marmer memiliki ragam pilihan warna seperti pada kayu, bahkan ada yang memiliki motif abstrak yang indah dari serat yang terbentuk secara alami. Kedua jenis batu tersebut memang cocok dipasang pada bangunan dengan nilai estetika tinggi, terlebih untuk masjid.
Batu alam atau batu tempel juga dapat digunakan untuk pelapis lantai luar dan memiliki variasi warna dan tekstur yang cukup menarik. Jenis lantai tersebut cocok jika diaplikasikan di sekitar taman atau sekitar ruang wudhu masjid, termasuk desain masjid Syahadat di Betterpad-Ray. Untuk di sekitar ruang wudhu, batu alam yang dipilih adalah yang lebih kedap air dan tidak mudah berlumut.
Karpet dipasang pada lantai permanen, seperti lantai kayu, plesteran, keramik, beton, atau jenis lain. Karpet dapat dipasang secara permanen atau berupa gulungan. Biasanya karpet yang dipasang secara permanen digunakan untuk ruangan-ruangan yang kedap suara, seperti bioskop. Sedangkan karpet gulungan sering ditemui di masjid-masjid atau mushola. Kebutuhan karpet yang akan dipasang secara permanen harus disesuaikan dengan luas lantai yang akan dilapisi dan harus direkatkan / dilem. Karpet untuk masjid sebaiknya memiliki kualitas yang baik agar awet. Corak atau gambar pada masjid adalah yang menampilkan gambar Islami namun sebaiknya lebih sederhana atau tidak terlalu “ramai” agar para jamaah dapat beribadah tanpa kehilangan konsentrasi. Warna karpet sebaiknya juga yang menyejukkan mata, misalnya warna hijau. Karpet untuk masjid harus sering dibersihkan dan kadang-kadang juga dicuci karena sering digunakan dan masjid sebagai tempat suci tentunya harus menjaga kebersihan dan keindahan.




Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.
Referensi:
·         Susanta, Gatut, dkk. Membangun Masjid & Mushola. 2007. Depok: Penebar Swadaya. (https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1048_Membangun%20Masjid%20dan%20Mushola#mode/2up)

(Hobi Arsitektur)

1 comment:

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts