Tuesday, May 14, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Dekorasi Ucapan Selamat Bulan Ramadhan di (Desain) Masjid Syahadat



Saat bulan Ramadhan, ada sebagian masjid-masjid yang diberikan berbagai hiasan untuk menyambut datangnya bulan suci. Dekorasi Ramadhan masjid dibuat dan dipasang agar suasana Ramadhan lebih terasa. Hiasan pada masjid juga membuat tampilan masjid menjadi lebih indah dan tidak membosankan. Orang-orang juga menjadi suka melihat masjid sehingga tertarik untuk masuk ke dalam masjid dan beribadah di dalamnya. Dekorasi pada masjid dapat berupa benda-benda yang berhubungan dengan bulan puasa dan dapat juga berupa tulisan untuk menyambut Ramadhan. Dekorasi harus dibuat bagus, indah, dan memberikan kesan Ramadhan. Medianya juga dapat bermacam-macam dan tidak merusak masjid walaupun hanya sekadar merusak pemandangan. Saya memiliki konsep untuk dekorasi pada Masjid Syahadat (desain), bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya).

Dekorasi yang dapat dijumpai saat bulan Ramadhan di masjid-masjid adalah ucapan selamat ibadah puasa. Ucapan-ucapan tersebut dapat bermacam-macam, misalnya “Marhaban ya Ramadhan”, “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”, dan lain-lain. Ucapan tersebut dapat ditambahkan keterangan-keterangan lain, misalnya Tahun Hijriahnya. Ucapan tersebut juga dapat diberi pernyataan tambahan agar tampak berbeda dari lainnya, memberi nasihat, dan membuat ucapan menjadi lebih panjang, misalnya “Sucikan diri di bulan suci”, “Semoga Ibadah Kita Mendapat Berkah”, “Mari Berbuat Kebaikan di Bulan Suci”, dan lain-lain. Ucapan ini dapat ditulis pada media tertentu dengan ukuran tulisan yang dapat dilihat dari jarak minimal 10 meter (menurut saya) jika pada spanduk atau running text. Sedangkan untuk ukuran tulisan pada banner dapat disesuaikan.

Pada Masjid Syahadat di Betterpad-Ray, spanduk dapat dipasang pada bagian depan serambi (jalan masuk masjid) yang dapat digantung pada bagian lisplang atap atau ditempel pada tembok di atas pintu masuk. Untuk pemberatnya, dapat digunakan pemberat yang berbentuk indah dan terbuat dari logam tertentu. Spanduk yang dipasang memiliki warna dominan hijau, kuning, biru, atau putih. Menurut saya warna-warna tersebut sesuai dengan suasana Ramadhan. Warna antara tulisan dan latar belakang harus kontras agar dapat dibaca dengan jelas dari jarak cukup jauh, misalnya tulisan kuning dengan latar belakang hijau. Selain tulisan, spanduk juga memiliki latar belakang dengan gambar-gambar tertentu (seperti bayangan masjid, bedug) dan tidak boleh terlalu banyak agar tulisan tetap dapat dibaca dengan jelas. Penggunaan spanduk biasanya hanya digunakan saat satu momen saja dan untuk momen lain harus membuat yang baru. Selain itu, spanduk juga dapat sobek.

Running text merupakan salah satu benda yang tepat untuk konsep hiasan pada Masjid Syahadat di Betterpad-Ray. Penggunaan running text membuat masjid memiliki kesan modern dan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Running text dapat dipasang pada bagian dinding masjid dan pantas dipasang pada dinding antara ruang sholat utama dan serambi masjid Syahadat. Ada running text dengan lampu LED dan ada juga yang Red Green Blue Full Colour. Running text dengan lampu LED biasanya memiliki tulisan berwarna merah berupa kumpulan lampu-lampu kecil yang membentuk tulisan. Tulisan pada running text LED dapat berjalan menyamping (seperti tulisan berita yang berjalan di layar bawah TV), dari bawah ke atas atau sebaliknya, dan dapat langsung berganti tulisan. Selain lebih modern, awet, dan dikreasikan, running text digunakan karena tulisan yang ditampilkan berukuran lebih panjang dari ukuran papan running text dan kata-katanya memang banyak, sehingga tulisannya harus berjalan. Selain itu, ada pula Running Text RGB Full Colour yang memiliki berbagai warna dan hasilnya juga lebih halus dari papan lampu LED. Kedua jenis running text juga dapat membentuk objek tertentu seperti logo, namun hasil pada papan lampu LED terlihat kasar. Penggunaan Running Text memiliki kelemahan, yaitu dapat menambah biaya penggunaan listrik.

Banner MMT mengggunakan penyangga dapat dipasang di atas lantai pada serambi masjid Syahadat di Betterpad-Ray. Menurut konsep dari saya bahwa posisi banner MMT tidak menggangu para jamaah saat beribadah, terutama agar tidak membacanya. Jadi mungkin akan saya letakkan di bagian serambi paling belakang. Tulisan pada banner MMT biasanya dapat berjumlah beberapa kalimat dan memang hanya untuk dilihat dari dekat, sehingga tulisannya dapat berukuran kecil saja. Penggunaan banner MMT dengan penyangga tidak digunakan untuk dilihat dari jarak jauh.



Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.


Pendapa Peradaban

(Hobi Arsitektur)

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts