Monday, May 13, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Tadarus (Membaca dan Mempelajari) Al Qur’an di Bulan Ramadhan (Desain Masjid Syahadat)



Tadarus Al Qur’an adalah salah satu amalan ibadah yang sering dilakukan di bulan Ramadhan sebagai kegiatan untuk memperoleh berkah dan pahala berlipat ganda di bulan suci. Sebagian masyarakat menganggap bahwa tadarus Qur’an adalah sekadar membaca Qur’an saja seperti tartil saat bulan Ramadhan. Membaca Al Qur’an adalah hal yang paling mendasar dalam tadarus, namun pengertian sebenarnya lebih dari itu. Tadarus berasal dari kata dasar bahasa Arab “darasa” yang berarti belajar. Jadi tadarus Al Qur’an adalah membaca dan mempelajari isi Al Qur’an sebagai pedoman hidup dan dasar hukum utama oleh umat Islam. Selain membaca dalam bahasa Arabnya, umat muslim seyogyanya dapat mengetahui arti dari ayat-ayat Qur’an, maknanya, penyebab turunnya ayat, dan sebagainya yang berkaitan. Intinya adalah membaca, memahami, menghayati, dan merealisasikan dalam perbuatan.

Di bulan Ramadhan, aktivitas tadarus Qur’an memang meningkat dari hari-hari biasanya. Mereka dapat melakukannya di rumah maupun di masjid. Di masjid saat Ramadhan dapat dijumpai orang-orang yang membaca Al Qur’an dan ada masjid yang memperdengarkan suara seseorang membaca Al Qur’an dengan pengeras suara agar didengar oleh orang-orang di luar masjid. Biasanya hal ini dilakukan pada malam hari usai sholat tarawih, setelah sholat subuh, atau sore hari menjelang maghrib. Terkadang di kampung-kampung, yang diperdengarkan adalah suara seorang anak laki-laki. Tadarus Al Qur’an dapat dilakukan saat kapan saja dan di mana saja yang penting di tempat yang suci dan dalam keadaan suci.

Kadang-kadang ada orang yang memiliki target saat bulan Ramadhan untuk mengkhatamkan (menyelesaikan) membaca Al Qur’an sebanyak 30 juz minimal dalam waktu satu bulan. Namun ada juga cerita bahwa ada seseorang yang mampu menyelesaikan 30 juz hanya dalam beberapa hari, satu hari, atau bahkan lebih dari satu kali dalam sehari. Ada juga yang menghafalkan ayat-ayat Al Qur'an. Ini adalah kegiatan positif yang dilakukan umat muslim sebagai bukti kecintaan terhadap Al Qur’an. Desain Masjid Syahadat dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) memiliki salah satu tujuan yaitu sebagai tempat agar umat muslim dapat membaca atau tadarus Qur’an dengan baik dan nyaman. Dan diharapkan bahwa kegiatan tadarus Qur’an tidak hanya dilakukan saat bulan Ramadhan, namun juga di bulan-bulan lainnya, meskipun memang kegiatan ibadah di bulan Ramadhan lebih rajin dilakukan.

Umat muslim di luar Arab dapat mengetahui arti dari ayat-ayat Qur’an dengan kitab terjemahan. Sekarang sudah banyak Al Qur’an terjemahan dengan bermacam-macam penampilan. Dan ada juga yang terdapat tambahan penjelasan lain seperti penafsiran ayat, tajwid (intinya cara membaca huruf Arab dengan baik dan benar), sebab turunnya ayat, dan sebagainya. Bahkan ada penggunaan teknologi seperti penggunaan alat seperti bolpoin yang dapat membacakan Al Qur’an dengan menunjuk ayatnya bagi para pemula atau muallaf. Semua cara tersebut adalah baik dan harus dengan niat dan tujuan yang baik. Dan Masjid Syahadat di Betterpad-Ray akan menyediakan beberapa kitab Al Qur-an dalam jumlah banyak, termasuk terjemahan, agr dibaca oleh para pengunjung dan harus dikembalikan. Kitab-kitab tersebut akan ditata rapi dalam sebuah rak dan dikelompokkan berdasarkan penampilannya agar indah dipandang.

Selain membaca Qur’an sendiri, kegiatan mempelajari Al Qur’an dapat dilakukan dengan orang lain. Mereka dapat membaca Al Qur-an bersama dan dapat saling mengajarkan serta saling membenarkan dengan teman-teman. Mereka juga dapat mendiskusikan tentang makna ayat Qur’an dan sebaiknya bersama dengan guru agama. Insya Allah akan ada ustadz-ustadz / guru-guru agama di Masjid Syahadat dari Betterpad-Ray yang bersedia mengajarkan dan menyampaikan ilmu tentang Al Qur’an. Kegiatan pengajaran Al Qur’an di bulan Ramadhan ini dapat dilakukan saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka  atau malam hari usai sholat tarawih berjamaah. Kemungkinan ruangan yang dipakai adalah serambi masjid Syahadat atau bagian belakang ruang sholat utama.



Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.


Pendapa Peradaban

(Hobi Arsitektur)

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts