Friday, May 24, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Penelaahan Arsitektur Tradisional dari Segi Kegunaan, Fungsi, dan Arti Sosial



Penelaahan arsitektur tradisional dapat dilakukan untuk memahami nilai-nilai budaya masyarakat. Penelaahan tersebut dengan memerhatikan kegunaan, fungsi, dan arti sosial.
Kegunaan rumah atau bangunan khususnya bangunan tradisional beraneka ragam, sesuai dengan struktur masyarakat dan kebudayaan penduduk di suatu tempat. Pada dasarnya bangunan tradisional memiliki kegunaan sebagai perlindungan terhadap panasnya sinar matahari, hawa udara yang dingin, angin kencang, dan derasnya hujan. Namun ada juga yang hanya menggunakan rumah-rumah sebagai tempat istirahat sementara dan dapat dipindah-pindah karena sebagian besar waktunya digunakan untuk berburu, misalnya suku-suku Arab Badui atau bangsa Mongol pada jaman dahulu. Sekelompok manusia yang sudah menetap dan memiliki pekerjaan sebagai petani yang sudah memiliki lahan bercocok tanam yang tetap akan menggunakan rumah sebagai tempat berlindung, beristirahat dan berbincang bersama keluarga setelah bekerja, atau untuk menyelenggarakan pertemuan sosial.
Fungsi rumah tradisional yang berkaitan dengan kehidupan sosial budaya juga bermacam-macam. Rumah dapat berfungsi sebagai kesatuan sosial, anggotanya terikat dalam kerja sama ekonomi seperti kehidupan berumah tangga, dan dapat berfungsi sebagai wadah kegiatan pendidikan (sosialisasi) anggota-anggotanya untuk belajar memahami dan menghayati kebudayaan dengan cara belajar sambil bekerja (pendidikan informal). Banyak ragam fungsi rumah/bangunan tradisional yang berkaitan dengan struktur dan kehidupan sosial budaya masyarakat sehingga memunculkan berbagai tampilan fisik dan gaya serta hiasan yang beraneka ragam. Rumah bisa menjadi pertanda identitas seseorang bagi banyak suku di Indonesia. Si B adalah orang dari golongan/bangsa B, karena dia berasal dari atau memiliki rumah yang B  yang dilihat dari hiasannya, tampilannya, dan ukurannya. Rumah dapat dianggap sebagai lambang status sosial, pendidikan, maupun ekonomi. Karena itu banyak orang-orang kaya berusaha untuk membangun rumah megah dengan berbagai gaya dan bentuknya. Rumah-rumah yang dimiliki orang-orang yang sudah mapan menjadi lambang keberhasilan seseorang. Rumah juga berarti tanggung jawab yang berhubungan dengan status orang yang telah berumah tangga atau berkeluarga. Seseorang yang memiliki rumah sendiri sudah dianggap mempunyai kedudukan yang kuat dalam hubungan masyarakat.
Mengingat arti pentingnya rumah dalam kehidupan sosial masyarakat jika dilihat dari segi kegunaan, fungsi, dan arti sosial, maka wujud dan struktur rumah/bangunan tradisional dapat memperlihatkan tingkat teknologi, gaya hidup, dan nilai-nilai budaya masyarakat yang bersangkutan.
Maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) adalah desain kompleks bangunan tradisional yang juga digabung dengan gaya modern agar sesuai perkembangan jaman. Kompleks Betterpad-Ray memiliki kegunaan sebagai bangunan publik yang berisi berbagai fasilitas. Kompleks bangunan Betterpad-Ray dapat digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang positif, dilakukan oleh orang banyak, atau menyangkut kehidupan orang banyak. Desain bangunan Betterpad-Ray dibuat agar sesuai dengan iklim tropis dan dapat memberikan kenyaman bagi para pengunjung, misalnya tetap teduh namun dapat melihat keadaan luar saat hawa udara panas di Pendapa Peradaban. Intinya, semua sebagian besar fasilitas berada di dalam ruangan dan tetap memperhatikan kelancaran sirkulasi udara, seperti ventilasi. Kompleks bangunan Betterpad-Ray memiliki fungsi sebagai bangunan publik untuk menampilkan wujud kebudayaan bangsa dan sebagai tempat untuk edukasi serta pelestarian budaya bangsa. Orang-orang dapat membaca buku dan melihat-lihat benda-benda bersejarah serta praktik langsung dalam melestarikan budaya, seperti pentas tari, menyanyi, dan melukis. Kompleks Betterpad-Ray juga dapat menunjukkan bahwa Indonesia juga memiliki peradaban yang baik dan dapat berakulturasi dengan budaya lain. Dengan sejumlah bangunan-bangunan yang membentuk satu kompleks juga menunjukkan lambang kekuatan dan persatuan rakyat Indonesia.
Masjid Syahadat

Pendapa Peradaban

Bangunan Utama Betterpad-Ray

Demikianlah penjelasan dari artikel mengenai desain maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya). Insya Allah bisa diwujudkan. Aamiin.

Referensi:
·         Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc. Jati Diri Arsitektur Indonesia. 1997. Bandung: Penerbit Alumni.  *Termasuk oleh: Prof. Dr. S. Budhisantoso, seperti yang tercantum dalam buku referensi.  (https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1140_Jati%20Diri%20Arsitektur%20Indonesia#page/n1/mode/2up)

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts