Wednesday, May 15, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Membangunkan Orang untuk Sahur ala Masjid Syahadat (Desain)



Sahur adalah mengisi energi tubuh dengan makanan dan minuman saat dinihari sebelum subuh untuk berpuasa. Sahur memang mirip dengan sarapan, hanya saja pengertian sarapan adalah mengisi energi tubuh setelah tidur untuk beraktivitas selanjutnya dan waktunya dapat hingga pagi hari setelah subuh. Sahur sebaiknya dilakukan saat akhir menjelang Subuh agar rentang waktu dengan buka puasa semakin pendek. Sahur sangat dianjurkan dalam berpuasa agar tidak kelaparan nantinya, walaupun itu hanya sekadar minum air. Sebagian orang merasa susah untuk bangun tidur dan sahur karena waktunya yang masih dinihari dan umumnya orang-orang masih tidur terlelap saat itu. Jika tidak berniat berpuasa dengan sungguh-sungguh dan terlalu nyaman saat tidur, maka bisa tidak sahur dan tubuh akan sangat lemas jika dipaksa berpuasa. Sebagian orang yang sanggup bangun tidur dan sahur masih merasakan kantuk dengan mata yang ingin terpejam. Salah satu cara agar semangat sahur adalah dengan berwudhu sehingga tubuh merasa lebih segar dan melaksanakan sholat tahajjud. Sekarang sahur juga lebih semangat dengan adanya program TV khusus sahur. Agar orang-orang dapat bangun tidur untuk sahur saat bulan Ramadhan, ada usaha yang dilakukan oleh masyarakat untuk membangunkan mereka dengan suara-suara tertentu. Namun zaman sekarang sudah ada penggunaan jam alarm (termasuk dari ponsel) yang dipakai orang-orang agar bangun tepat waktu. Di beberapa tempat, kegiatan membangunkan orang untuk sahur tetap dilakukan sebagai suatu kebiasaan atau tradisi serta orang yang dibangunkan menjadi semangat dalam sahur.

Ada cara membangunkan orang untuk sahur jika desain Masjid Syahadat dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya "Tembok Mural") dapat diwujudkan. Di tempat saya, salah satu cara membangunkan sahur adalah dengan mengucapkan kata “sahur” dengan keras melalui pengeras suara masjid. Hal ini dilakukan saat jam 3 pagi dan waktu subuh di tempat saya sekitar jam 4.20 pagi. Memang waktu tersebut adalah waktu ideal untuk bangun sahur dan cukup untuk memasak hidangan sahur dan makan. Mungkin masjid Syahadat di Betterpad-Ray nantinya dapat melakukan cara tersebut. Dengan posisi pengeras suara pada bagian atas menara yang tinggih, diharapkan bahwa jangkauan suaranya dapat terdengar hingga jauh. Waktu imsak juga akan diberitahukan 10 menit sebelum adzan Subuh. Imsak adalah waktu sebagai persiapan untuk berpuasa sehingga harus segera menyelesaikan makan namun masih belum mulai berpuasa.

Memang ada kebiasaan membangunkan orang-orang dengan berkeliling, namun karena sudah jam (alarm) maka sudah tidak diperlukan kegiatan itu lagi. Cara membangunkan sahur dengan peralatan dan tindakan yang justru membuat kebisingan akan mengganggu orang-orang dan ini seharusnya tidak dilakukan. Namun jika ada festival khusus pada awal Ramadhan atau suatu tradisi lama yang tidak mengganggu, hal tersebut sah-sah saja. Pemberitahuan waktu sahur di masjid Syahadat adalah sebuah kegiatan yang memang hanya membantu untuk mengingatkan. Selain itu, agar sekaligus membuka masjid, mengecek kondisi masjid, membersihkan, menyiapkan segala perlengkapan, dan persiapan untuk digunakan sebagai tempat ibadah di awal hari (sholat Subuh). Biasanya pada 10 malam terkahir bulan Ramadhan ada kegiatan i’tikaf (berdiam diri sambil berzikir/ibadah) yang dilakukan orang-orang dari awal malam (usai tarawih) hingga fajar di masjid. Masjid Syahadat akan tetap membuka masjid pada waktu tersebut dan akan menyediakan hidangan sahur untuk mereka.





Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.


Pendapa Peradaban

(Hobi Arsitektur)

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts