Tuesday, May 21, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Syahadat (Desain)



Ada banyak masjid-masjid terutama di Indonesia yang memperingati Nuzulul Qur’an pada malam tanggal 17 Ramadhan. Nuzulul Qur’an adala peristiwa turunnya wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad di Gua Hira melalui malaikat Jibril. Sebelum diangkat menjadi Nabi, Nabi Muhammad sering menyendiri dan merenungkan tentang alam di gua Hira. Di sana beliau selalu memikirkan tentang keberadaan Sang Pencipta yang menguasai alam semesta ini. Pada umur 40 tahun saat Rasulullah sedang menyendiri di Gua Hira, tiba-tiba beliau didatangi oleh malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad yaitu Surat Al ‘Alaq ayat 1-5.
Awalnya Nabi Muhammad diperintahkan untuk membaca ayat-ayat tersebut, namun Nabi Muhammad menjawab bahwa beliau tidak dapat membaca. Hal ini karena masa muda Nabi Muhammad digunakan untuk bekerja yaitu menggembala kambing dan tidak punya kesempatan untuk belajar baca tulis. Saat muda beliau sudah tidak punya orang tua (Abdullah bin Abdul Muththalib dan Aminah), dan kakek beliau yang pernah merawat beliau yaitu Abdul Muththalib sudah meninggal dunia. Lalu saat peristiwa tadi, malaikat Jibril membacakan Surat Al ‘Alaq ayat 1 – 5:
ٱقۡرَأۡ بِٱسۡمِ رَبِّكَ ٱلَّذِي خَلَقَ  ١ خَلَقَ ٱلۡإِنسَٰنَ مِنۡ عَلَقٍ  ٢ ٱقۡرَأۡ وَرَبُّكَ ٱلۡأَكۡرَمُ  ٣ ٱلَّذِي عَلَّمَ بِٱلۡقَلَمِ  ٤ عَلَّمَ ٱلۡإِنسَٰنَ مَا لَمۡ يَعۡلَمۡ  ٥
1.  Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
2.  Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3.  Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
4.  Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,
5.  Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Setelah itu, Jibril meninggalkan beliau dan beliau kembali ke rumah dalam keadaan gemetar dan menemui istrinya saat itu, yaitu Khadijah. Intinya, setelah itu Nabi Muhammad berjuang dalam berdakwah dan mengajarkan agama Islam hingga usia 63 tahun. Selama itu pula firman-firman Allah SWT turun kepada beliau berupa ayat-ayat suci Al Qur’an yang dapat kita baca sekarang. Ayat-ayat Al Qur’an memang turun secara berangsur-angsur sesuai dengan keadaan yang dialami Nabi Muhammad saat berjuang dalam berdakwah.
Masjid Syahadat yang merupakan bagian desain dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) insya Allah dapat memperingari malam Nuzulul Qur’an jika desainnya dapat diwujudkan. Peringatan Nuzulul Qur’an dilakukan di bangunan utama Masjid Syahadat pada malam tanggal 17 Ramadhan dan dapat diadakan setelah sholat tarawih berjamaah maupun saat Sahur. Tujuan utama dari peringatan ini adalah agar umat Islam mengetahui sejarah khususnya tentang kenabian Muhammad SAW dan kitab suci Al Qur’an. Masjid Syahadat akan mengundang para ulama untuk memberikan ceramah tentang Nuzulul Qur’an. Acara akan diawali dengan mengucap basmalah dan pembacaan surat Al Alaq ayat 1-5. Setelah itu kajian tentang Nuzulul Qur’an, lalu diakhiri dengan doa bersama.
Perintah pertama dari Allah kepada Nabi Muhammad dan seluruh umat Islam adalah “Bacalah” yang tertera pada awal ayat satu. Hal ini menunjukkan bahwa membaca adalah kegiatan yang paling utama dilakukan agar dapat memperoleh ilmu. Membaca bukan hanya membaca buku saja yang dimaksud, namun dapat “membaca” kondisi di sekitar dan berbagai peristiwa yang terjadi. Allah memerintahkan membaca kepada umat Muslim karena agar kita dapat melaksanakan ibadah dan berbuat kebajika secara benar harus mengetahui ilmunya yang didapat dari membaca. Seterusnya, Allah adalah Maha Pencipta yang menciptakan manusia secara sempurna. Manusia memiliki akal sehingga dapat melakukan sesuatu dengan baik dan membuat keputusan. Namun akan manusia harus mendapat bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT melalui Al Qur’an agar manusia tidak tersesat.
Masjid Syahadat di Betterpad-Ray juga sudah menerapkan apa yang diperintahkan dalam surat Al Alaq. Masjid Syahadat menyediakan perpustakaan kecil berupa rak-rak buku yang di dalamnya terdapat kitab Al Qur’an dan bacaan lainnya yang bemanfaat. Buku-buku tersebut boleh dibaca di Masjid Syahadat dan harus dikembalikan jika sudah selesai membaca. Hal ini adalah salah satu fungsi masjid dalam hal pendidikan agar umat Islam memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas dan menjadi umat yang maju serta mendapat berkah dari Allah SWT.


Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts