Saturday, May 25, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Cahaya Alami dan Lingkungan



Manusia dan lingkungan hidup selalu membutuhkan cahaya alami terutama cahaya matahari. Dalam proses pertumbuhannya, manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan sangat membutuhkan cahaya matahari. Ketiganya tidak dapat tumbuh sempurna bahkan tidak akan hidup tanpa cahaya matahari. Secara visual cahaya alami sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi visual mengenai ketiganya.
Cahaya alami memiliki peran yang sangat besar bagi lingkungan. Karena cahaya, indera penglihatan dapat merasakan dan menikmati keindahan alam. Keindahan yang ada semakin nyata bukan hanya karena indera penglihatan dapat menerimanya tetapi juga karena cahaya matahari membuat lingkungan lebih nyaman dan lestari. Cahaya matahari sangat berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan berbagai elemen di lingkungan. Tumbuh-tumbuhan dapat tumbuh sempurna karena cahaya matahari dan terus berkembang dengan baik hingga berkembang biak. Tumbuh-tumbuhan dimakan oleh hewan herbivora, lalu hewan herbivora dimakan oleh hewan karnivora. Jika tumbuhan mati atau tidak ada, tidak mungkin hewan-hewan bisa bertahan hidup. Hewan juga membutuhkan cahaya matahari secara langsung, misalnya untuk melihat dan mencari makanan demi kehidupan dan pekembangannya, menghangatkan badan, dan lain-lain.
Untuk merasakan keindahan suatu objek, dibutuhkan keberadaan cahaya. Cahaya matahari adalah cahaya alami yang paling besar manfaatnya karena dapat menerangi bumi beserta keindahan alam yang luas di dalamnya. Cahaya matahari memiliki sinar yang terang yang telah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa agar jarak matahari dengan bumi serta intensitas cahaya yang sampai ke bumi sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup, tidak redup dan tidak menyilaukan. Cahaya matahari yang sampai ke bumi memiliki tingkat kecerahan yang sesuai dan jelas untuk menampilkan wujud suatu benda, bahkan saat tertutup oleh awan.
Maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya “Tembok Mural”) didesain agar cahaya matahari berperan maksimal terhadap lingkungan di dalam dan sekitar kompleks bangunan, karena untuk melestarikan lingkungan alam dengan baik juga dengan memanfaatkan peran alam yang memiliki energi yang sangat besar tanpa manusia susah payah membuatnya. Maket Betterpad-Ray didesain agar ramah lingkungan dan bersahabat dengan alam. Jadi, desain bangunan bukanlah hanya tentang struktur, wujud, serta pola bangunan saja, namun juga menjaga lingkungan dengan baik agar serasi dengan bangunan dan sesuai dengan kebutuhan arsitektur. Membuat bangunan bukan hanya menimbun tanah dengan bebatuan dan semen saja, namun juga diberikan ruang alami untuk memberikan kenyamanan dan menjaga kesehatan.
Di dalam Betterpad-Ray akan terdapat ruang hijau berupa pepohonan, tumbuhan perdu, dan rerumputan yang indah dipandang mata. Sebagai tumbuhan tentu membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis yang akan menghasilkan karbohidrat bagi tumbuhan dengan hasil sisa berupa oksigen yang berguna untuk pernapasan manusia dan hewan. Semakin banyak pohon akan semakin banyak oksigen yang dihasilkan sehingga kondisi di dalam Betterpad-Ray nantinya akan lebih sejuk. Selain di ruang hijau, tumbuh-tumbuhan juga dapat diletakkan di sekitar bangunan agar oksigen dapat masuk ke setiap bangunan dengan jumlah cukup.
Dari tumbuh-tumbuhan yang hijau, akan ada hewan-hewan yang datang menghampiri pohon-pohon, terutama burung-burung. Hewan-hewan dapat menghirup oksigen dari pohon-pohon, mencari makan di sekitarnya, dan membuat sarang di pohon dan sekitarnya. Dengan begitu, orang-orang di Betterpad-Ray nantinya dapat menyaksikan keindahan alam “mini”. Pepohonan yang rimbun juga membuat orang-orang dapat berteduh di bawahnya saat panasnya matahari, padahal matahari yang telah membuat pohon-pohon tumbuh sempurna. Jadi, semuanya di alam ini memang saling berkesinambungan. Semuanya sudah Allah ciptakan agar alam ini dapat dinikmati oleh makhluk hidup, terutama bagi manusia.
Masjid Syahadat

Pendapa Peradaban

Bangunan Utama Betterpad-Ray

Demikianlah penjelasan dari artikel mengenai desain maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya). Insya Allah bisa diwujudkan. Aamiin.

Referensi:
·       Manurung, Parmonangan. Pencahayaan Alami dalam Arsitektur. 2012. Yogyakarta: ANDI.
(https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1713_Pencahayaan%20Alami%20dalam%20Arsitektur#mode/2up)



No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts