Thursday, May 9, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Sholat Shubuh Berjamaah di Masjid Syahadat (Desain) saat Ramadhan



Di bulan Ramadhan, setiap muslim yang beriman berlomba-lomba dalam beribadah dan melakukan kebaikan agar memperoleh pahala yang berlipat ganda. Di bulan Ramadhan, setiap muslim yang sanggup (mampu) diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa dari subuh hingga maghrib. Di saat akhir dinihari yaitu saat orang-orang mungkin masih tidur, dan ada juga sebagian orang yang sudah bangun untuk beribadah atau kepentingan tertentu, maka saat bulan Ramadhan di waktu itu adalah saat bagi setiap muslim yang hendak berpuasa untuk bangun tidur dan sahur (makan sebelum puasa). Tubuh yang biasanya masih terbaring di kasur diusahakan agar mau bangun dan  sahur untuk mengisi energi yang akan digunakan saat beraktivitas selama berpuasa. Waktu sahur selesai saat adzan subuh. Namun 10 menit sebelum adzan subuh ada tanda waktu imsak sebagai persiapan agar segera menyelesaikan sahur dan bersiap-siap untuk berpuasa. Saat terdengar adzan subuh, maka ibadah puasa telah dimulai pada hari itu.

 Saat subuh di bulan Ramadhan, masjid yang biasanya hanya berisi beberapa orang akan terisi lebih banyak orang untuk melaksanakan ibadah subuh berjamaah. Mereka yang biasanya hanya subuh di rumah berusaha untuk sholat subuh berjamaah di masjid agar memperoleh pahala yang lebih banyak dan berlipat ganda dari bulan-bulan biasa. Mereka berusaha agar selalu mengerjakan ibadah dan amalan kebaikan untuk mengisi waktu di bulan yang penuh berkah sejak bangun hingga tidur lagi di malam hari. Masjid yang biasanya sepi  menjadi tempat berkumpul orang-orang sehingga tampak keramaian yang lain dari biasanya. Suasana Ramadhan menjadi lebih semarak. Meskipun sebenarnya sholat subuh saat bulan Ramadhan tidak harus dilakukan di masjid, namun sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat terutama di daerah saya. Yang penting, setiap muslim harus mengerjakan ibadah dengan ikhlas dan hanya mengharap ridha dari Allah SWT. Dan diharapkan bahwa semangat kebaikan tidak hanya terjadi saat bulan Ramadhan, namun di bulan-bulan seterusnya.

Terkadang, mereka yang generasi muda yang pergi ke masjid dengan niat yang baik dan benar adalah hal yang positif. Setelah sholat subuh, mereka bisa membaca dan mempelajari Al Qur’an, berzikir, mendiskusikan hal-hal agama bersama teman-teman, atau mendengarkan ceramah. Sebagian masjid mengadakan ceramah usai sholat subuh untuk mengawali hari setiap muslim dengan ilmu yang bermanfaat dan semangat yang positif. Khusus untuk generasi muda, mereka harus diperingatkan agar sholat subuh berjamaah di masjid tidak digunakan sebagai ajang untuk bermain-main, terlebih kadang-kadang ada yang mengerjakan keburukan hingga mengganggu orang lain usai keluar dari masjid, padahal di bulan yang suci. Generasi muda harus diberi pengetahuan agama dan diajak untuk melakukan hal-hal yang positif, karena merekalah calon pemimpin agama dan pemimpin bangsa.

Insya Allah, jika desain masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat diwujudkan, maka saya akan merasa senang jika sejak subuh masjid desain saya ini sudah ramai oleh orang-orang yang hendak sholat berjamaah, terlebih lagi saat bulan Ramadhan yang memiliki kesan khusus. Masjid Syahadat di Betterpad-Ray akan mengadakan ceramah subuh oleh ulama-ulama setelah pelaksanaan sholat subuh. Ceramah ini Insya Allah akan dilakukan setiap hari sepanjang tahun dan pada bulan Ramadhan akan diberi tema khusus Ramadhan sehingga diharapkan dapat menambah semangat ibadah dalam bulan suci. Masjid Syahadat dari Betterpad-Ray dapat digunakan untuk tempat mengaji dan mempelajari Al-Qur’an. Setiap muslim dapat mengaji di Masjid Syahadat dari Betterpad-Ray untuk mengisi waktu di bulan suci. Mereka dapat melakukannya di ruang sholat utama ataupun serambi masjid. Mereka dapat membaca Al Qur’an milik mereka atau meminjam dari rak buku di Masjid Syahadat yang memang selalu tersedia. Mereka juga boleh berdiskusi tentang agama bersama orang lain maupun para ustadz yang  mau mengajarkan ilmu agama. Mempelajari agama adalah kegiatan positif yang merupakan hak dan kewajiban bagi setiap muslim, dan Masjid Syahadat akan memberikan sarana untuk hal tersebut. Dan dengan begitu, masjid akan selalu terisi dengan hal-hal positif dan tidak akan sia-sia.



Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.


Pendapa Peradaban


No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts