Monday, May 27, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Pengelolaan Sumber Daya Air yang Kritis



Jumlah penduduk yang semakin meningkat membuat kebutuhan pokok dan sekunder juga meningkat. Dalam penataan ruang, kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut juga ikut meningkat baik dalam bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya eksploitasi alam yang berlebihan, perubahan penataan guna lahan yang tak terkendali dan daya dukung lingkungan semakin menurun. Efek akibat banyaknya pihak yang melakukan aktivitas dan eksploitasi pada dasarnya menyebabkan cenderungnya peningkatan bencana baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
Para ahli sudah berpendapat bahwa ada ada paradoks antara penduduk dan air yaitu pertumbuhan jumlah penduduk yang meningkat menyebabkan berkurangnya air yang tersedia untuk kebutuhan manusia sekaligus meningkatkan potensi banjir. Banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya serta daerah-daerah lain di Indonesia menunjukkan bahwa paradoks tersebut benar-benar terjadi. Adanya kepentingan dan kebutuhan manusia yang tinggi, konflik tempat bangunan versus ruang terbuka hijau, dan konflik penataan ruang bangunan versus penataan ruang air. Banyaknya bangunan-bangunan di zaman modern ini menyebabkan ruang terbuka hijau semakin sedikit dan sempit. Banyak lahan-lahan hijau serta daerah resapan air yang harus hilang hanya demi kepentingan sesaat, terutama bidang ekonomi tanpa memerhatikan lingkungan dan masa depan.
Maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya "Tembok Mural") didesain dengan memberikan ruang terbuka hijau dan tempat resapan air sebagai usaha untuk mengelola sumber daya air dengan baik, pencegahan bencana lingkungan, dan penataan bangunan yang rapi serta memerhatikan penataan ruang air. Seperti bangunan-bangunan permanen fungsional pada umumnya bahwa halaman depan biasanya diratakan dengan semen atau paving block. Perataan halaman bangunan juga berguna agar tidak becek saat hujan dan memberi dekorasi-dekorasi tertentu. Namun harus diusahakan agar air tidak menggenangi halaman bangunan dalam waktu lama. Maka air harus dapat dialirkan ke saluran air maupun tempat resapan air dengan cara mengatur derajat kemiringan halaman bangunan sehingga dapat menjaga lingkungan dan halaman bangunan tetap cepat kering. Insya Allah Maket Betterpad-Ray akan membuat halaman bangunan yang tetap memerhatikan penataan ruang air. Di sisi-sisi halaman bangunan atau tanah lain yang telah diratakan dengan semen atau paving block akan memiliki akses agar air dapat meresap ke tanah maupun melalui saluran air. Saluran air akan ditutupi dengan penghalang dengan celah-celah di atasnya agar tidak membahayakan para pejalan kaki dan air tetap dapat masuk. Maket Betterrpad-Ray juga memiliki pohon-pohon di sekitar halaman dan ruang hijau agar dapat menyerap air. Dari saluran air Betterpad-Ray, air dapat mengalir menuju parit dan menuju sungai hingga laut.
Jika diwujudkan sebagai pusat ilmu pengetahuan, Betterpad-Ray akan memberikan tempat bagi para ahli, para pelajar, maupun masyarakat yang ingin mengetahui soal sumber daya air serta menyampaikan permasalahannya. Tempat yang dapat digunakan adalah Pendapa Peradaban sebagai tempat untuk bermusyawarah dan bangunan lain di Betterpad-Ray yang dapat memiliki ruang untuk diskusi serta fasilitas penunjang seperti buku-buku di perpustakaan, proyektor untuk presentasi, Wi-Fi, dan sebagainya. Mereka dapat mengkaji  tentang permasalahan sumber daya air yang kritis serta membahas usaha-usaha untuk mengatasinya.
Krisis air adalah hal yang sangat mempersulit kehidupan manusia karena air adalah sumber kehidupan. Air adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan secara gratis yang harus dijaga dengan baik. Jangan sampai air malah menjadi bencana bagi manusia seperti air kotor atau banjir hanya karena manusia terlalu mementingkan egonya yang berlebihan. Sudah seharusnya ada gerakan dari berbagai pihak yang saling berkesimbungan untuk sadar terhadap kelestarian lingkungan dan sumber daya air. Dan Insya Allah Betterpad-Ray nantinya dapat memberikan ruang bagi berbagai pihak untuk membahas cara mengatasi krisis air, menemukan solusi, dan merealisasikannya dengan baik dengan niat ikhlas tanpa korupsi.
Masjid Syahadat

 Pendapa Peradaban

Bangunan Utama Betterpad-Ray

Demikianlah penjelasan dari artikel mengenai desain maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya). Insya Allah bisa diwujudkan. Aamiin.

Referensi:
·       Robert J. Kodoatie dan Roestam Sjarief. Tata Ruang Air. 2010. Yogyakarta: ANDI. (https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1822_Tata%20Ruang%20Air#mode/2up)

(Hobi Arsitektur)


No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts