Tuesday, May 7, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Desain Masjid Syahadat untuk Ceramah Subuh


Saya menginginkan bahwa ada ceramah setelah sholat subuh pada masjid Syahadat nantinya yang masih merupakan desain dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya). Ceramah ini dilakukan di ruang sholat utama oleh ustadz atau ulama kepada jamaah masjid Syahadat yang diharapkan masih berkenan untuk mendengarkan ceramah. Para jamaah bebas untuk mau mengikuti ceramah atau tidak. Jika memang ada urusan penting yang segera dilakukan, maka lebih baik segera dilakukan saja. Ceramah subuh yang saya harapkan memiliki durasi 30 menit. Tujuan dari ceramah subuh adalah agar para jamaah memperoleh ilmu agama dan mengisi awal harinya dengan ilmu yang bermanfaat sehingga pikiran lebih jernih dan semangat dalam melakukan aktivitas selanjutnya. Dalam seminggu, ceramah agama Islam dibagi menjadi tujuh macam bidang ilmu yang diajarkan setiap hari, yaitu Akidah Akhlak, Keluarga, Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Al Qur’an dan Hadits, Fikih, Sejarah Islam, dan hubungan antara Islam dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Ilmu Akidah Akhlak dibahas pada hari Senin. Ilmu ini mempelajari akidah atau keimanan dalam Islam serta penerapannya dalam bentuk akhlak dan perbuatan. Ilmu ini penting diajarkan karena merupakan hal-hal yang mendasar dalam agama Islam. Dalam Islam, yang paling awal ditekankan adalah keimanan kepada Allah adalah Tuhan Yang Maha Esa dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang membawa risalah. Seorang muslim harus benar-benar beriman kepada Allah dan yang sesuai dengan wahyu-Nya, yaitu dalam Al Qur’an. Hal ini adalah termasuk iman kepada malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab, Nabi-Nabi, Hari Akhir, dan Qadha dan Qadar. Maka seorang muslim tidak boleh menyembah selain Allah karena harus meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan Pencipta dan yang patut disembah dan dimintai pertolongan. Lalu, seorang muslim juga harus memiliki akhlak yang mulia dan selalu berusaha berbuat kebajikan dalam kehidupan ini sesuai ajaran Islam. Karena akhlak mulia adalah wujud nyata keimanan seorang muslim. Intinya, Iman itu adalah diyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan direalisasikan dengan perbuatan.

Ilmu Keluarga dibahas pada hari Selasa. Ilmu ini dapat mencakup bagaimana hubungan antar anggota keluarga sesuai ajaran Islam, bagaimana sikap antar anggota keluarga, lalu hak dan kewajiban setiap anggota keluarga. Bagi anak-anak, pendidikan yang paling awal dan utama berasal dari rumah atau keluarga. Keluarga adalah kelompok terkecil dalam kehidupan yang merupakan pondasi penting dalah kehidupan beragama umat manusia. Jika kehidupan berkeluarga dijalankan dengan baik, maka Insya Allah dalam ruang lingkup yang lebih luas kehidupan juga dapat dijalankan dengan baik sesuai ajaran Islam.

Ilmu berbangsa dan bernegara dibahas pada hari Rabu. Ilmu ini membahas tentang bagaimana hidup dalam bangsa dan negara sesuai ajaran Islam, baik itu oleh rakyat maupun pemerintahan. Dalam hal ini tidak membahas sistem pemerintahan atau bentuk negara, namun bagaimana aspek ini dijalankan sesuai ajaran Islam. Misalnya seorang rakyat harus menaati pemerintahan asalkan masih sesuai ajaran Islam, pemerintah harus mampu memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyakarat, dan sebagainya.

Ilmu Al Qur’an dan Hadits dibahas pada hari Kamis. Ilmu ini membahas tentang dasar hukum utama dalam agama Islam yang sangat penting untuk dipelajari, karena berbagai aspek kehidupan umat Islam harus bersumber dari kedua sumber tersebut. Hal yang dibahas dapat mengenai pengertian dan fungsi Al Qur’an dan Hadits, sebab turunnya ayat, keshahihan hadits, dan dalil-dalil mengenai suatu masalah.

Ilmu Fikih dibahas pada hari Jumat. Ilmu ini membahas tentang tata cara, aturan, atau syariat dalam berbagai hal sesuai ajaran dapat Islam. Hal tersebut dapat menyangkut ibadah maupun aktivitas kehidupan manusia. Dalam hal ibadah, ilmu fikih harus diketahui oleh setiap muslim agar ibadahnya memenuhi syarat dan sah. Ilmu fikih juga mengatur kehidupan manusia agar selalu menjalankan kebaikan sesuai syariat Islam dan menjauhi berbagai larangan dari Allah SWT yang jika dilakukan dapat menimbulkan dosa dan berbagai keburukan lainnya.

Ilmu Sejarah Islam dibahas pada hari Sabtu. Ilmu ini mempelajari berbagai kisah dan peristiwa yang telah terjadi di masa lalu dengan menggunakan sumber-sumber terpercaya. Al Qur’an adalah sumber utama yang di dalamnya juga berbagai kisah-kisah terdahulu yang dapat menjadi pelajaran bagi umat manusia zaman sekarang. Begitu pula dengan cerita-cerita yang bersumber dari hadits-hadits yang terpercaya juga digunakan sebagai sumber pelajaran di masa sekarang. Sejarah Islam juga dapat bersumber dari kisah-kisah atau bukti-bukti lain yang dapat dipercaya, seperti bangunan, riwayat, tempat, dan lain-lain.

Hubungan Agama dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dibahas pada hari Minggu. Zaman sekarang adalah zaman modern di saat perkembangan teknologi dan media informasi berjalan begitu pesat. Semua ini memiliki dampak positif dan dampak negatif, khususnya bagi umat Muslim. Karena itu, setiap muslim harus mampu memilah, memilih, dan menyaring hal-hal apa saja yang boleh dimanfaatkan dan apa saja yang harus dihindari sesuai ajaran Islam.



Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.



No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts