Sunday, May 19, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Rangka Beton Bertulang pada Desain Masjid Syahadat


Beton merupakan komponen bangunan yang berfungsi untuk tekan. Jika beban di atasnya lebih berat maka sangat mungkin terjadi lenturan ketika beton dipasang sebagai balok horisontal dan akan tertekuk jika dipasang secara vertikal. Lenturan dan tekukan yang diterima beton tentu tidak dapat ditahan, karena beton bersifat kaku atau tidak elastis sehingga perlu diberi rangka besi. Dengan penggabungan ini, beton bertulang dapat berfungsi sebagai penyalur beban yang ada di atasnya.


Beton terbuat dari gabungan material alam yang diaduk dengan komposisi tertentu supaya memperoleh kekuatan tekan yang diinginkan. Material alam untuk beton adalah pasir, semen, batu split, dan air. Beton bertulang yang biasa digunakan untuk bangunan sederhana memilki perbandingan bahan yaitu 1 bagian semen, 2 bagian pasir, dan 3 bagian batu split yang dicampur dengan air. Semen Portland adalah jenis yang sering digunakan. Kekuatan beton dapat dinyatakan dengan K yang diikuti angkan di belakangnya, misalnya K100, K125, K200, K250, dan sebagainya. Maksudnya, beton dapat menahan beban tertentu dalam suatu ukuran luas yang dinyatakan dalam satuan kg/cm3. Misalnya, K200 memiliki arti bahwa beton dapat menahan beban sebesar 200 kg/cm3.
Selain angka kekuatan, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kekentalan beton. Misalnya ada struktur yang memerlukan beton lembek atau encer, dan ada juga yang memerlukan beton agak keras atau kental.
Pada bangunan sederhana, terdapat tiga jenis beton bertulang dari segi posisinya, yaitu sloof, kolom, dan ring balok. Ada juga jenis beton bertulang lain pada bangunan yang lebih rumit, misalnya untuk tangga dan lantai bertingkat. Berikut ini adalah jenis-jenis beton bertulang berdasarkan posisinya.
a.       Sloof, yaitu beton bertulang yang diletakkan secara horisontal di atas pondasi. Gunanya untuk meratakan beban yang bekerja terhadap pondasi dan pengikat struktur bawah ujung dasar kolom. Panjang sloof sama dengan pondasi. Ukuran sloof tergantung pada tipe bangunan. Untuk bangunan satu lantai, lebarnya 15 cm dan tinggi 20 cm.
b.      Kolom beton atau tiang beton, yaitu bagian struktur atas yang diletakkan secara vertikal. Kolom beton berfungsi sebagai pengikat pasangan dinding bata dan penerus beban dari atas ke pondasi. Jarak antar kolom beton adalah 3 -4 m. Ukurannya dapat disesuaikan dengan beban yang diterima, biasanya sama dengan lebar bata, dengan empat buah tulangan besi berdiameter 10 mm. Cincin besi yang digunakan berdiameter 6 – 8 mm dengan jarak antar cincin 15 – 20 cm. Pada bangunan bertingkat, jarak antarkolom dapat mencapai 4 -5 meter dengan ukuran kolom lebih besar, sekitar 20 x 25 cm, dengan enam buah besi tulangan berdiameter 12 mm dengan jarak antar cincin 15 – 20 cm.
c.       Ring balok adalah bagian struktur yang terletak di atas pasangan bata. Ring balok berfungsi sebagai tumpuan konstruksi atap dan pengikat pasangan dinding bata pada bagian atas. Ring balok yang miring (pada atap pelana) dapat digunakan sebagai tumpuan gording.
d.      Balok merupakan bagian struktur atas untuk dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas. Balok berfungsi sebagai rangka penguat horisontal bangunan yang akan mendapat tumpuan beban. Dalam balok, terdapat daerah tengah yang melentur (disebut lapangan) dan daerah ujung yang menahan tumpuan (disebut tumpuan). Daerah lapangan menahan beban dari atas, sehingga dapat melengkung ke bawah dan dapat diatasi dengan menambah jumlah besi di daerah ini. Sedangkan tumpuan bagian atas akan mengalami penarikan sehingga butuh lebih banyak besi.
e.       Pelat beton, dapat berfungsi sebagai lantai pada bangunan bertingkat atau atap (untuk atap datar). Ujung pelat beton diikat oleh balok sebagai tumpuannya. Ketebalan minimal pelat beton untuk lantai adalah 12 cm, sedangakn ketebalan minimal pelat beton untuk atap adalah 8 cm. Pelat beton juga dapat digunakan untuk atap teras maupun lantai dasar pada bangunan industri atau pabrik karena menahan beban berat
Insya Allah jika dapat terwujud, pembangunan Masjid Syahadat dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) harus memerhatikan kekuatan beton bertulang dengan serius. Intinya, agar bangunan kuat dan dapat berdiri kokoh sehingga aman bagi para pengunjung. Bahan-bahan untuk beton bertulang harus sesuai dengan perhitungan yang akurat, tidak boleh dikurangi. Selain itu kualitas bahan juga penting diperhatikan. Beton yang digunakan untuk bangunan termasuk Masjid Syahadat adalah beton kelas 2 yang digunakan untuk pekerjaan struktural dan untuk desain ini menggunakan kekuatan terhadap tekanan yang besar karena ukuran masjid yang besar, misalnya K200 atau K225. Selain kelas 2, ada beton kelas 1 untuk pekerjaan nonstruktural (tanpa penulangan) dan beton kelas 3 yang mutunya di atas K225 untuk beban berat seperti jalan layang atau jembatan.
Beton bertulang juga dapat memberikan unsur seni dan keindahan pada bangunan, khususnya desain Masjid Syahadat. Kolom beton untuk lantai bertingkat umumnya lebih besar dari lebar dinding bata sehingga terlihat menonjol dari luar. Dengan posisi vertikal dan jarak antarkolom yang sama, maka dapat indah dipandang. Terlebih jika diberi warna kontras dengan warna dindingnya. Misalnya jika dinding berwarna kuning, maka tampilan kolom beton dapat berwarna hijau, warna yang sesuai untuk Masjid Syahadat. Masjid Syahadat juga memiliki tangga yang juga menggunakan beton bertulang. Tangga juga harus didesain dengan indah dan kuat agar nyama bagi pengunjung.


Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.

Referensi:
·         Susanta, Gatut, dkk. Membangun Masjid & Mushola. 2007. Depok: Penebar Swadaya. (https://archive.org/stream/BukuArsitektur/1048_Membangun%20Masjid%20dan%20Mushola#mode/2up)



Pendapa Peradaban

(Hobi Arsitektur)

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts