Saturday, May 4, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Desain Masjid Syahadat untuk Pernikahan



Selain sebagai tempat sholat, masjid dapat digunakan untuk melaksanakan akad nikah dan jika ada ruangan tertentu dapat digunakan sebagai tempat resepsi. Islam mengatur tentang pernikahan sebagai hal yang dialami manusia untuk membangun rumah tangga yang diridhai Allah SWT. Dalam pernikahan, ada syarat dan aturan tertentu yang harus ditaati, misalnya bahwa harus ada mempelai pria dan wanita, wali dari perempuan (biasanya ayah), adanya saksi (minimal dua orang), ijab qobul, dan maskawin/mahar dari pria. Desain masjid  Syahadat dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) juga dapat digunakan sebagai tempat akad nikah yang memperhatikan syariat Islam. Hal ini diperhatikan karena meskipun akad nikah tidak harus dilakukan di masjid, namun beberapa orang lebih memilih untuk melaksanakan di masjid.


Masjid Syahadat dari Betterpad-Ray menyediakan tempat untuk akad nikah yang dapat dilakukan di beberapa tempat, yaitu di ruang sholat utama, serambi masjid, dan kantor pengurus. Semua ruangan bebas untuk dipilih berdasarkan kebutuhan dan kondisi. Di dalam masjid Syahadat juga dapat diberi dekorasi pernikahan yang Islami, terlebih desain interior akan dibuat indah, menarik, dan Islami, yang sesuai dengan nuansa kebahagiaan pernikahan. Untuk masalah kebersihan tempat, desain ini memperhatikan kebersihan dengan jadwal pembersihan yang teratur dan peralatan kebersihan yang memadai. Saya memikirkan bahwa ada petugas kebersihan yang selalu siap untuk membersihkan masjid dalam berbagai kondisi dan bekerja dengan sungguh-sungguh demi kenyamanan pengunjung. Maka diharapkan bahwa kondisi masjid saat akan nikah akan selalu bersih sehingga suasana pernikahan semakin indah. Keindahan dekorasi membuat hasil foto pernikahan menjadi lebih pantas dan menarik. Foto tersebut tidak digunakan untuk pamer, namun sebagai salah satu bukti bahwa pasangan suami istri yang bersangkutan telah benar-benar menikah.


Ruang sholat utama masjid Syahadat dari Betterpad-Ray dapat digunakan sebagai tempat akad nikah dengan dekorasi yang secukupnya saja dan tidak memenuhi semua ruangan. Karena pembongkaran dekorasi akan memakan waktu lama jika segera digunakan untuk sholat. Dalam akad nikah, ada yang mempelai perempuan berada ada di lokasi akad nikah dan ada juga yang tidak di lokasi akad nikah saat ijab qobul berlangsung. Mempelai wanita tidak boleh masuk masjid jika sedang ada halangan. Yang terpenting, mempelai pria dan wali saling berjabat tangan dengan mengucapkan ijab qobul dan disahkan oleh para saksi yang hadir. Di Indonesia, ada petugas dari kantor urusan agama yang mencatat pernikahan sehingga juga sah menurut hukum negara. Lalu bagi suami dan istri yang baru saja menikah, masing-masing akan memperoleh buku nikah sebagai bukti identitas pernikahan yang sah.

Yang perlu diperhatikan, bahwa bangunan induk masjid Syahadat hanya digunakan sebagai tempat akad nikah, tidak digunakan untuk resepsi, karena di dalam bangunan induk telah diberi batas suci sehingga benar-benar harus suci dan hanya digunakan untuk tujuan ibadah. Hal ini untuk menghindari adanya tamu perempuan yang sedang dalam halangan, sehingga masjid berpotensi tidak suci lagi jika ada resepsi.

 Akad nikah juga dapat dilaksanakan di serambi masjid Syahadat di Betterpad-Ray. Dengan ruangan terbuka, maka suasana pelaksanaan akad nikah akan lebih sejuk karena sirkulasi udara yang lancar. Pelaksanaan akad nikah di serambi masjid tidak begitu mengganggu aktivitas ibadah di masjid, sehingga pengunjung yang hendak sholat di masjid, misalnya sholat dhuha, tidak merasa terganggu dengan adanya acara di serambi.

Kantor pengurus masjid Syahadat di Betterpad-Ray juga memberikan ruangan untuk pelaksanaan akad nikah. Karena bangunannya terpisah dari bangunan induk, maka acara tersebut tidak akan mengganggu kegiatan ibadah di masjid. Oleh karena itu, saya lebih menganjurkan hal ini. Namun, kesannya memang kurang menarik karena kantor pengurus tidak memiliki ukuran ruangan yang luas dan dekorasi interiornya tidak semewah di bangunan induk. Maka jumlah saksi yang hadir juga lebih terbatas. Ruangan kantor juga pada dasarnya tidak bisa digunakan sebagai tempat resepsi, kecuali jika jauh sebelum waktu resepsi sudah dilakukan perencanaan dengan sungguh-sungguh. Maka ruangan rapat kantor pengurus dapat ditata sedemikian rupa agar bisa digunakan sebagai tempat resepsi.

Saya memang mendesain bahwa resepsi pernikahan sebaiknya dilakukan di pendapa Betterpad-Ray, jika desain bangunan ini digunakan sebagai tempat pusat budaya. Namun memang ada masjid-masjid yang juga memberikan ruangan khusus untuk acara tertentu berupa aula yang dapat digunakan sebagai tempat resepsi. Masjid di pusat kota dari kabupaten Wonogiri yang merupakan daerah tempat saya tinggal, yaitu masjid At Taqwa, memiliki dua lantai. Lantai pertama adalah aula dan lantai kedua digunakan sebagai ruang sholat. Sedangkan Masjid Agung Jawa Tengah di kota Semarang memiliki aula di sebuah bangunan yang terletak di samping bangunan utama masjid.


Masjid At Taqwa
(Google Street)

(Masjid Agung Jawa Tengah)

Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.


No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts