Thursday, May 16, 2019

MKAET BETTERPAD-RAY - Pembagian Hidangan Sahur oleh Masjid Syahadat (Desain)



Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah. Setiap muslim yang beriman berusaha untuk berbuat kebaikan dengan mengharap ridho Allah. Jika desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat diwujudkan, maka salah satu kegiatan positif saat bulan Ramadhan yang dilakukan oleh Masjid Syahadat adalah pembagian hidangan sahur (makan sebelum Subuh untuk mengisi energi saat berpuasa). Pembagian hidangan sahur ditujukan terutama kepada kaum fakir miskin dan yang membutuhkan. Pembagian ini sangat penting dilakukan agar orang-orang yang membutuhkan dapat makan dengan cukup sehingga dapat berpuasa dengan semangat.

Hidangan sahur dimasak saat dinihari sebelum waktu sahur agar makanan masih cukup hangat saat dibagikan. Tempat memasak dilakukan di dapur Masjid Syahadat di Betterpad-Ray yang juga merupakan kantor pengurus masjid. Bahan-bahan yang dimasak harus masih segar dan berkualitas baik, karena sebaiknya kita bersedekah dengan hal-hal yang terbaik yang biasa kita konsumsi atau yang digunakan. Misalnya, sayur-sayuran harus masih baru dan jarak antara waktu dipetik dengan waktu pengolahan tidak lama. Selain itu sayuran tidak boleh terkena pestisida buatan dan tidak rusak. Daging yang akan diolah juga dari hewan yang belum lama disembelih dan sesuai syariat Islam. Beras harus yang bersih, bulir-bulirnya utuh, dan dari padi yang tidak terkena pestisida buatan. Para juru masak adalah yang sudah ahli dan berpengalaman dalam membuat makanan dalam porsi banyak. Tim tersebut akan dipimpin oleh kepala juru masak agar proses memasak dapat diatur dengan baik. Proses memasak juga dapat bekerja sama dengan perusahaan catering atau restoran tertentu yang dapat dipercaya.

Makanan yang akan disajikan adalah nasi beserta lauknya dan minuman. Nasi adalah hal yang penting diperhatikan karena merupakan makanan pokok bangsa Indonesia. Porsi makanan yang akan dibagikan harus cukup dan seimbang. Lauknya antara lain ayam goreng, sayur untuk lalap, sambal, dan sebagainya. Minuman yang dibagikan dapat berupa air mineral, susu terutama untuk anak-anak, dan teh hangat. Lalu ada juga tambahan berupa krupuk dan kripik yang digunakan sebagai “teman” makanan dan merupakan kesukaan masyarakat Indonesia. Hidangan ini dimasukkan ke dalam tiap-tiap kotak kardus dan diberi sendok plastik serta tisu dengan beralaskan kertas minyak.

Para penerima hidangan sahur yang utama adalah mereka yang fakir miskin dan langsung dibagikan ke tempat tinggal mereka sesuai data yang diperoleh masjid Syahadat. Orang-orang fakir biasanya tidak memiliki pekerjaan, tidak punya apa-apa, dan sudah tua, sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apakah mereka berpuasa atau tidak, yang penting mereka dapat menikmati nikmatnya hidangan sahur. Sedangkan orang-orang miskin yang menerima sahur akan merasa terkurangi bebannya dan dapat menikmati hidangan sahur yang layak dan ini dilakukan selama sebulan penuh. Ini di luar tema, jika maket Betterpad-Ray dapat diwujudkan, maka akan mengadakan pembimbingan dan pembinaan kepada orang-orang miskin seperti pemberian modal dan pelatihan kerja sehingga mereka dapat hidup lebih sejahtera, Insya Allah. Sedangkan orang-orang fakir yang sudah tua akan memperoleh tunjangan setiap bulan yang cukup untuk kehidupan sehari-hari.

Anak-anak yatim/piatu/yatim piatu terutama di panti asuhan juga berhak mendapat hidangan sahur dari Masjid Syahadat di Betterpad-Ray nantinya. Maka anak-anak yatim dapat menikmati hidangan sahur dengan nikmat dan kegiatan ini juga membantu panti asuhan yang telah merawat mereka. Anak-anak yatim memang berhak mendapatkan perhatian dan rasa kasih sayang. Bahkan kedudukan anak yatim dibahas dalam beberapa ayat Al Qur’an, terutama surat Al Ma’un ayat 2. Intinya, Islam memerintahkan agar berbuat baik kepada anak-anak yatim. Kita, umat muslim tahu bahwa Nabi Muhammad, Rasulullah, adalah yatim sejak bayi. Merekalah, anak-anak yatim yang nantinya akan meneruskan perjuangan dalam agama, bangsa, dan negara.

Biasanya saat bulan Ramadhan umat muslim akan beri’tikaf (berdiam diri sambil berzikir) di masjid terutama saat 10 malam terakhir mulai malam hari hingga subuh. Maka jika ada banyak orang yang beri’tikaf di masjid Syahadat di Betterpad-Ray nantinya, mereka juga mendapatkan hidangan sahur dari masjid Syahadat. Jadi mereka tidak perlu susah dalam mencari hidangan sahur.



Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.


Pendapa Peradaban

(Hobi Arsitektur)


No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts