Thursday, May 16, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Masjid Syahadat (Desain)



Saat bulan Ramadhan, ada masjid-masjid yang mengadakan acara buka puasa massal dengan membagikan hidangan kepada para pengunjung masjid atau musafir. Masjid-masjid akan memberikan hidangan sebaik mungkin agar para pengunjung merasa puas. Hal ini juga merupakan upaya masjid-masjid untuk bersedekah dan membantu umat muslim yang berpuasa agar mudah memperoleh hidangan buka puasa. Biasanya mereka dapat memasak hidangan sendiri atau dengan bekerja sama dengan katering-katering dengan biaya dari kas masjid atau bantuan dari pihak tertentu. Dan alangkah baiknya jika masjid-masjid juga dapat mengadakan acara buka puasa untuk anak-anak yatim/piatu/yatim piatu agar mereka dapat merasakan kebahagiaan di bulan Ramadhan. Anak-anak yatim yang masih di bawah umur membutuhkan perhatian dan kasih sayang khusus dari orang-orang lain yang baik hatinya, karena mereka telah kehilangan salah satu orang tua atau keduanya yang seharusnya mengasuh dan memberi rasa kasih sayang kepada mereka. Anak-anak yang masih butuh kasih sayang orang tuanya merasakan kesedihan saat mereka telah tiada. Karena itu umat muslim wajib menjaga dan menyantuni anak yatim. Bahkan kata anak yatim disebutkan beberapa kali dalam Al Qur’an, salah satunya adalah surat Al Ma’un ayat 2. Dan Nabi Muhammad, Nabi besar kita, juga lahir dalam keadaan yatim dan kehilangan ibu beliau saat umur 6 tahun.

Insya Allah, jika desain Masjid Syahadat dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat diwujudkan, maka akan diadakan acara buka puasa bersama anak yatim di bulan Ramadhan. Anak-anak yatim yang diundang ke Masjid Syahadat telah dipilih berdasarkan data-data yang diambil dari pemerintahan tingkat tertentu untuk memastikan status mereka sebagai anak-anak yatim, baik anak-anak yatim yang masih mendapat asuhan dari keluarganya maupun anak-anak yatim di panti asuhan. Mereka akan mendapatkan surat undangan dari pengurus Masjid Syahadat di Betterpad-Ray dan surat tersebut harus dibawa saat hadir di Masjid Syahadat. Karena masuk masjid, mereka diwajibkan untuk mengenakan pakaian yang Islami dan sopan.

Acara santunan kepada anak-anak yatim dimulai setelah sholat Asar berjamaah dan dimulai dengan pengajian. Anak-anak yatim akan berada di dalam bangunan utama masjid Syahadat dan para pengunjung lain dapat ikut mengikuti kajian agama bersama para pengurus dan pemberi santunan serta tamu lain. Tema kajian agama disesuaikan dengan tujuan acara dan disampaikan oleh ustadz / ulama yang telah diundang Masjid Syahadat. Para ulama yang berceramah akan memberikan motivasi kepada anak-anak yatim dan saat akhir kajian agama akan membaca doa-doa termasuk untuk anak yatim.

Sepuluh menit sebelum waktu berbuka puasa, hidangan sudah dibagikan kepada anak-anak yatim dan para tamu, berupa nasi dan lauk pauknya serta minuman. Karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, mereka harus mendapatkan makanan bergizi dan lengkap. Nasi diberikan dalam porsi yang cukup dan berasal dari beras berkualitas tinggi serta tanpa pestisida buatan. Lauknya berupa protein hewani seperti ayam goreng, atau telur, atau ikan. Lalu juga ditambah sayur mayur seperti kubis, daun kemangi, seledri, timun, dan tambahan lainnya berupa sambal, kerupuk, dan keripik. Mereka juga mendapat hidangan manis berupa buah kurma, dan hidangan lainnya seperti dawet, kolak, dan sebagainya. Untuk minumannya, akan disediakan air mineral atau teh hangat. Untuk anak-anak yatim, mereka akan mendapatkan santunan, seperti berbagai makanan yang awet seperti biskuit, lalu susu, dan makanan ringan lainnya. Mereka juga akan mendapatkan pakaian, perlengkapan sekolah, dan kebutuhan lainnya. Anak-anak yatim akan bersalaman dengan para pengurus dan pemberi santunan sambil melakukan serah terima. Untuk anak-anak yatim yang diasuh keluarganya, akan mendapatkan uang santunan, sedangkan uang bagi anak-anak yatim di panti asuhan akan diberikan kepada pengurus panti asuhan. Setelah acara buka puasa selesai, para tamu dan anak-anak yatim dapat melanjutkan sholat maghrib berjamaah di masjid.



Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.


Pendapa Peradaban

(Hobi Arsitektur)

No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts