Wednesday, May 8, 2019

MAKET BETTERPAD-RAY - Jika Masjid Syahadat (desain) Menyimpan Benda Bersejarah



Saya mendesain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari Maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) agar dapat digunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah. Benda-benda ini merupakan benda-benda peninggalan zaman dahulu yang tak ternilai harganya. Saya berniat agar dapat merawatnya dengan baik dan menyimpannya secara aman. Benda-benda tersebut disimpan bukan untuk tujuan syirik, melainkan agar mampu memperlihatkan benda-benda bersejarah yang merupakan warisan dari generasi terdahulu untuk diperlihatkan pada zaman sekarang dan sebagai pelajaran bagi generasi sekarang. Saya mendesain beberapa ruangan pada masjid Syahadat dari Betterpad-Ray (maket) untuk penyimpanan benda-benda bersejarah, kemungkinan besar berada di menara Syahadat atau bagian tertentu di bangunan induk masjid dengan pengawasan yang ketat.

Saya sendiri sudah merasa senang jika mampu merawat dan menjaga benda-benda bersejarah (khususnya Islam) yang berada di nusantara. Yang menjadi masalah adalah apakah ada benda-benda bersejarah yang nantinya dapat disimpan di masjid Syahadat? Atau bagaimana cara memperoleh benda-benda bersejarah tersebut?  Namun yang jelas, masjid Syahadat siap menerima dan merawat benda-benda bersejarah dengan sungguh-sungguh dan para pekerja yang bertanggung jawab. Benda-benda bersejarah Islam yang ada umumnya adalah berupa Al Qur’an (termasuk Al Qur’an raksasa), peninggalan para tokoh-tokoh Islam, ornamen atau bagian tertentu dari suatu bangunan, dan lain-lain.


Jika ada yang berniat menyerahkan atau mempercayakan penyimpanan benda-benda bersejarah, maka perlu teliti dahulu seperti yang saya baca di buku-buku. Benda-benda tersebut harus diketahui keasliannya atau tidak, karena akan sia-sia jika benda-benda yang diserahkan ternyata palsu. Bukti-bukti keasliannya harus dicari dari berbagai sumber yang terpercaya, baik lisan maupun tulisan. Maksud penyerahan benda-benda juga harus diketahui agar penyimpanan benda-benda bersejarah dapat sesuai dengan niat si pemberi dan lebih bertanggung jawab.

Secara umum, kisah-kisah fiksi di buku menjelaskan bahwa terkadang ada barang curian, penyelundupan, atau diperoleh secara ilegal. Masjid Syahadat di Betterpad-Ray tidak mau bertanggung jawab jika barang-barang tersebut ternyata bermasalah. Maka hal ini juga perlu diselidiki dan diteliti agar penyimpanan benda-benda bersejarah dapat berjalan lancar. Dalam suatu kesepakatan, pasti ada bukti perjanjian tertulis yang harus ada tanda tangan dari kedua pihak, agar dapat memperkuat kesepakatan.

Dalam penyimpanan benda-benda bersejarah, ada yang memang sengaja untut diperlihatkan kepada para pengunjung, ada yang hanya ditampilkan pada waktu tertentu, dan ada pula yang memang harus dijaga dan dirahasiakan, seperti pada kisah-kisah fiksi. Pada dasarnya, penyimpanan yang dimaksud dalam hal ini adalah museum. Jika benda-benda tersebut akan ditampilkan, maka harus diletakkan di tempat yang dapat dilihat pengunjung tanpa mengganggu ibadah para pengunjung lain. Benda-benda tersebut harus dijaga dan diawasi dengan baik, kebersihannya selalu dijaga, diberi papan keterangan mengenai benda-benda, diletakkan pada media yang bagus, dan adanya aturan-aturan tertentu yang harus ditaati pengunjung agar benda-benda bersejarah dapat terjaga dengan baik. Pengawasan di jaman sekarang dapat menggunakan kamera yang diatur sedemikian rupa agar dapat tersembunyi. Benda-benda yang ditampilkan pada waktu-waktu tertentu misalnya pada hari peringatan dalam Islam, seperti Maulid Nabi, Tanggal Satu Muharram, dan sebagainya. Pada dasarnya, tujuan penampilan benda-benda pada hari tertentu adalah agar umat Muslim benar-benar mengetahui hari-hari peringatan Islam beserta tradisinya dan agar benda-benda yang disimpan tidak mudah terkena resiko kerusakan. Selain Masjid Syahadat, bangunan utama Betterpad-Ray memang dapat digunakan sebagai museum utama jika penggunaan kompleks bangunan memang digunakan untuk tujuan pendidikan dan sosial budaya.




Demikian artikel dari saya ini. Semoga desain Masjid Syahadat yang merupakan bagian dari maket Betterpad-Ray (Benteng Terpadu Raya) dapat memberikan inspirasi dan dapat diwujudkan. Aamiin.



Pendapa Peradaban

(Hobi Arsitektur)


No comments:

Post a Comment

BETTERPAD-RAY MOCKUP - Materiaal van de muur van de Shahada-moskee (Masjid Syahadat)

"Sorry If There Is A Deficiency / Error In Translation From Indonesian To Related Languages, Because It Only Uses Google Translate"...

Popular posts